Bisnis Sewa Mobil Mulai Bergairah, Konsumen Pilih Kendaraan yang Irit

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 21:14 WIB
loading...
Bisnis Sewa Mobil Mulai Bergairah, Konsumen Pilih Kendaraan yang Irit
Mobil ringkas dan irit seperti Honda Brio menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke wilayah Pariwisata seperti Bali. Foto: dok HPM
A A A
BALI - Semakin bergairahnya pariwisata paska pandemi membuat wisatawan dan pelancong memilih untuk menyewa mobil saat berada di tempat wisata seperti Bali. Alasannya? Karena lebih irit dan praktis.

”Karena mencari dan menemukan sewa mobil di Bali semakin mudah. Cukup membuka browser dan menulis kata kuncinya, Anda bisa memilih berbagai perusahaan rental mobil dan jenis mobil yang diinginkan,” ujar Ni Gusti Ayu Mirah dari Puri Bali Car Rental.

Menurutnya, permintaan sewa mobil saat ini jauh lebih baik dibanding saat pendemi. ”Bisa dikatakan kondisi usaha rental mobil saat pandemi seperti mati suri,” ungkap Ni Gusti Ayu Mirah.

Bahkan untuk bisa bertahan, usaha rental mobil yang terletak di Jl. Bedugul Gg. Cendrawasih No.9a, Sidakarya, Denpasar, itu terpaksa menjual kendaraan yang ada hingga mencapai 25 unit. ”Itu semua kami lakukan untuk menutupi biaya operasional,” bebernya saat dihubungi SINDOnews.

Menurut Ayu, sapaan akrabnya, saat ini kondisi bisnis rental mobil di Bali jauh lebih baik. ”Sudah mendekati normal seperti sebelum pandemi,”.

Meski demikian, ada sedikit perubahan terhadap jenis mobil yang diminati oleh konsumen. Dengan adanya kenaikan harga BBM, Ayu menyebut bahwa jenis mobil yang diminati adalah city car yang kompak, praktis, dan irit seperti Honda Brio. ”Selain hemat BBM, city car juga mudah untuk bermanuver di jalanan Pulau Dewata,” ungkapnya.

Ayu juga memberikan tips untuk memilih rental mobil terbaik sesuai kebutuhan saat pelancong sedang ada di Bali:

1. Keperluan
Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Bali. Mulai refreshing hingga meeting. Atau kunjungan kerja organisasi, bisnis dan sebagainya. Durasi tinggal di Bali tentu akan berpengaruh pada keperluan mobilitas selama kunjungan.

”Maka cek kembali jadwal dan kebutuhan Anda agar dapat menentukan sewa mobil bagaimana yang sesuai,” ujar Ayu. Ayu juga menyebut bahwa usaha rental mobil miliknya berupaya untuk menyediakan layanan lengkap, mulai sewa jangka panjang, hingga airport transfer, dan drop in out Bandara.

2. Biaya Sewa Mobil di Bali
Ketika sudah tahu pasti keperluan dan durasi tinggal atau kunjungan di Bali, hal selanjutnya yang dibutuhkan adalah pertimbangan segi budget atau anggaran sewa mobil yang cocok dengan kebutuhan.

”Perhatikan dan lakukan perbandingan antara satu car rental dengan yang lain mulai dari biaya per durasi (12 jam, 24 jam, dan seterusnya). Jika Anda butuh paket sewa mobil lengkap dengan supir dan BBM atau dengan sistem lepas kunci, maka harga sewanya pun perlu untuk Anda tinjau,” ungkapnya.

3. Variasi dan Kondisi Mobil
Bisnis Sewa Mobil Mulai Bergairah, Konsumen Pilih Kendaraan yang Irit

Pastikan betul kapasitas dan spesifikasi yang cocok untuk keutuhan selama kunjungan di Bali. Menentukan sewa mobil juga perlu melihat aspek variasi mobil dan kondisi performanya.

Hindari over capacity agar budget Anda tidak meledak. Kemudian cek kondisi mobil yang ingin Anda sewa, apakah sehat dan mumpuni untuk rute perjalanan selama kunjungan di Bali. ”Di Puri Bali Car Rental kami menyediakan merek seperti Honda Brio, Avanza, Agya, Jazz RS, Mobilio RS, Xpander, Innova Reborn, Fortuner TRD, CR-V Prestige, Alphard Transformer, Hiace, dan lainnya,” ungkap Ayu.



4. Transparansi Rincian Syarat dan Ketentuan
Walau disebutkan paling akhir, tapi transparansi rincian syarat dan ketentuan sewa mobil hal mendasar untuk dipahami. Mulai mekanisme dan dokumen syarat booking/ reservasi, pembayaran, hingga konsekuensi kerusakan, overtime, dan penyesuaian biaya bergantung rute perjalanan.

Menurut Ayu, pihaknya berupaya memberikan kemudahan booking agar konsumen bisa melakukan pemesanan di situs resmi mereka puribalicarrental.com. ”Agar konsumen lebih nyaman,” katanya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5249 seconds (0.1#10.140)