Wuling Rendam Baterai Mobil Listrik di Air Buktikan Keamanan Terabas Banjir

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 06:42 WIB
loading...
Wuling Rendam Baterai Mobil Listrik di Air Buktikan Keamanan Terabas Banjir
Baterai Wuling Air ev yang direndam dalam air masih tetap aman dan aktif. Foto-foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Wuling Motors berupaya membuktikan ketangguhan mobil listrik mereka dengan merendam baterai di air dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung sejak kemarin. Baterai tersebut direndam dengan air yang kedalamannya sekitar 10 centimeter.

Alhasil seluruh baterai benar-benar terendam air. Untuk membuktikan bahwa baterai tetap aman meski terendam air, baterai tersebut diaktifkan dengan menyalakan sebuah perangkat khusus buatan Wuling yang menampilkan hologram khusus.

Diduga baterai tetap berfungsi dengan baik karena memiliki struktur pelindung yang sangat kuat. Struktur pelindung itu diklaim tahan tekanan dan air.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia, mengatakan kepada SINDONEWScom, sebelum dijual ke pasar, baterai Wuling Air ev sudah diuji coba terlebih dulu. Beberapa rangkaian uji coba dilakukan guna mengetahui durabilitas serta reabilitas baterai mobil listrik tersebut.

Baca juga : Berjaya dan Penuh Kenangan, Ini 4 Truk Legendaris di Indonesia

Wuling Rendam Baterai Mobil Listrik di Air Buktikan Keamanan Terabas Banjir


"Mulai dari menembus genangan air, dibakar hingga dibanting sudah dilakukan dan hasilnya tidak ada masalah. Mobil ini masih bisa menembus genangan banjir hingga kedalaman satu meter," jelas Danang Wiratmoko.

Pengujian genangan air itu sendiri menurutnya dilakukan sesuai standar internasional yakni IP67. Berdasarkan standar itu, sebuah objek harus diuji selama 30 menit di kedalaman air satu meter.

Baca juga : Kupas Tuntas Bus Bangsawan Avante H8 Grand Seigneur Milik Karoseri Tentrem di GIIAS 2022

Wuling Rendam Baterai Mobil Listrik di Air Buktikan Keamanan Terabas Banjir


"Baterai yang kita pakai itu sudah dites melalui beberapa tahap pengujian, sampai 16 tahap. Sehingga dipastikan baterai Wuling Air ev aman dipakai di berbagai kondisi, termasuk kondisi ekstrem," jelas Danang Wiratmoko.

Diketahui Wuling Air ev sudah resmi dijual dengan harga yang sangat menarik. Mobil listrik pertama Wuling di Indonesia itu diniagakan dengan harga Rp 238 juta hingga Rp 295 juta untuk Long Range (OTR Jakarta).

“Kami bangga meluncurkan mobil listrik berdimensi compact dengan desain future-tech, yaitu Wuling Air ev, secara resmi dan juga yang pertama kali di dunia," ujar Vice President Wuling Motors Arif Pramadana.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1654 seconds (11.252#12.26)