Bukan Mistis, Ini Alasan Mobil Kepresidenan Berwarna Hitam

Senin, 22 Agustus 2022 - 12:30 WIB
loading...
Bukan Mistis, Ini Alasan Mobil Kepresidenan Berwarna Hitam
Alasan mobil kepresidenan berwarna hitam selain menguntungkan dari sisi psikologis warna juga aman dari sisi keamanan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Bukan mistis, ini alasan mobil kepresidenan berwarna hitam . Aturan pemilihan warna itu banyak dilakukan di berbagai negara.

Jangan jauh-jauh ke Amerika Serikat yang selalu menggunakan warna hitam buat mobil dinas Presiden Amerika Serikat. Pemerintah Indonesia juga selalu menyediakan mobil kepresidenan berwarna hitam.

Satu-satunya mobil kepresidenan yang tampil beda, karena berwarna putih, adalah Mercedes-Benz S280 keluaran tahun 1980. Mobil itu pernah digunakan oleh Presiden Soeharto, Presiden B.J Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Hanya saja mobil warna putih itu jarang digunakan untuk aktivitas kenegaraan. Kebanyakan mobil kepresidenan berwarna hitam saja yang paling banyak menemani presiden Indonesia.

Begitu juga di negara-negara lain penggunaan warna hitam buat mobil kepresidenan juga selalu dilakukan. Mulai dari India, Malaysia, Jepang hingga Jerman.



Bukan Mistis, Ini Alasan Mobil Kepresidenan Berwarna Hitam


Pemilihan warna hitam untuk mobil kepresidenan memang benar-benar punya alasan khusus. Apalagi faktanya mobil berwarna hitam menurut penelitian yang dilakukan oleh Monash University, Australia merupakan warna mobil yang paling sering mengalami kecelakaan.

Dalam catatan mereka, dari 850.000 peristiwa kecelakaan yang terjadi di Australia, kebanyakan melibatkan mobil berwarna hitam. Tentu tidak ada satu pun orang yang menginginkan mobil kepresidenan yang ditumpangi oleh orang terpenting di sebuah negara mengalami kecelakaan.

Lalu mengapa mobil kepresidenan tetap saja banyak yang berwarna hitam? Secret Service, Dinas Rahasia Amerika Serikat yang menjaga para presiden Amerika Serikat, dalam situs resmi mereka mengatakan mobil berwarna hitam dipilih karena memang seluruh rangkaian mobil kepresidenan ketika berjalan menggunakan satu warna yang sama, hitam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)