Ini Biaya Bikin Plat Nomor Cantik yang Bikin Mobil Anda Tampil Menarik

Kamis, 25 Agustus 2022 - 20:00 WIB
loading...
Ini Biaya Bikin Plat Nomor Cantik yang Bikin Mobil Anda Tampil Menarik
Biaya bikin plat nomor cantik seperti yang pernah dilakukan Bonge di mobil Toyota Vellfire ternyata memakan biaya tidak sedikit. Foto/Screen Capture Instagram.
A A A
JAKARTA - Biaya bikin plat nomor cantik di bawah ini perlu Anda cermati karena memang perlu dana yang tidak sedikit. Hanya saja bagi yang memang sudah kepengin memilkiki plat nomor cantik besarnya ongkos yang dikeluarkan tentu tidak jadi persoalan.

Seperti yang dialami oleh Hendri Rosadi saat membuat plat nomor mobilnya dengan nomor dan huruf cantik. Saat itu Lulut ingin plat nomor mobilnya menunjukkan informasi tanggal kelahirannya.

"Setelah konsultasi ternyata biaya yang dikeluarkan lumayan juga besarnya," kata Hendri Rosadi. Hanya saja hal itu tidak jadi masalah buatnya karena memang dasarnya dia ingin mobil tersebut lebih mewakili dirinya.

Nah, memang penggunaan plat nomor cantik tidak bisa sembarangan karena ada beberapa peraturan yang harus diikuti. Peraturan mengenai plat nomor cantik mobil tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang berlaku pada Polri dan Keputusan Kakorlantas Polri Nomor Kep/166/VIII/2019 tentang NRKB Pilihan.

Intinya, plat nomor cantik bisa digunakan untuk mobil baru atau ganti Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) biasa ke pilihan. Untuk perihal biaya pajak plat nomor cantik, tentu saja ada perbedaan yang diberikan, serta akan dikenakan biaya yang berbeda.



Biaya tergantung dari penggunaan huruf dan angka yang digunakan. Kisaran biaya biasanya di antara Rp5 juta hingga Rp20 juta. Besaran biaya pajak nomor cantik dan huruf serta angka yang digunakan terdiri dari:

- NRKB satu angka: Tidak ada huruf di belakang Rp20 juta. Ada huruf di belakang Rp15 juta.

- NRKB dua angka: Tidak ada huruf di belakang Rp15 juta. Ada huruf di belakang Rp10 juta.

- NRKB tiga angka: Tidak ada huruf di belakang Rp10 juta. Ada huruf di belakang Rp7,5 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2888 seconds (0.1#10.140)