Nomor Rangka Motor Gunanya untuk Apa? Ini Jawabannya

Senin, 27 November 2023 - 17:39 WIB
loading...
Nomor Rangka Motor Gunanya untuk Apa? Ini Jawabannya
Nomor rangka motor mengandung informasi tentang pabrikan, negara asal, jenis, model, tahun pembuatan, dan nomor urut produksi motor. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nomor rangka motor merupakan nomor identitas yang diberikan oleh pabrikan kepada setiap kendaraan bermotor yang diproduksi. Nomor tersebut biasanya terletak di bagian bawah tangki bensin, di bawah jok, atau di samping kanan-kiri mesin.

Nomor rangka motor terdiri dari 17 karakter alfanumerik yang mengandung informasi tentang jenis, model, tahun pembuatan, dan spesifikasi teknis motor. Nomor tersebut akan tercantum di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).



Meski nomor tersebut terkesan rumit dan aneh, setiap nomor rangka motor ternyata bakal berguna untuk setiap pemilik kendaraannya. Adapun kegunaan dari nomor rangka motor adalah sebagai berikut.

Kegunaan Nomor Rangka Motor


1. Bukti Kepemilikan Kendaraan


Nomor rangka motor adalah kode unik yang hanya dimiliki oleh satu kendaraan saja. Jika ada dua kendaraan yang memiliki nomor rangka yang sama, maka salah satu dari keduanya pasti palsu atau hasil curian.

2. Mengidentifikasi Kendaraan


Nomor rangka motor bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebenaran asal dan tahun produksi motor baru yang sedang dipromosikan. Nomor rangka motor mengandung informasi tentang pabrikan, negara asal, jenis, model, tahun pembuatan, dan nomor urut produksi motor.



Dengan mengetahui nomor rangka motor, pemilik kendaraan bisa mengecek apakah motor yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi yang diiklankan.

3. Mengecek Kondisi dan Riwayat Perawatan Motor Bekas yang Ingin Dibeli


Nomor rangka motor juga bisa digunakan untuk mencari informasi tentang sejarah pemakaian, servis, perbaikan, dan kecelakaan yang pernah dialami oleh motor tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menilai sendiri keadaan dari motor tersebut layak atau tidaknya untuk dibeli.

4. Mengurus Administrasi dan Perizinan Kendaraan Bermotor


Nomor rangka motor adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membuat atau memperpanjang STNK, BPKB, atau asuransi kendaraan. Nomor rangka motor juga diperlukan untuk melakukan balik nama, mutasi, atau penjualan kendaraan.

Untuk mengecek nomor rangka motor, Anda bisa melihatnya langsung di bodi kendaraan, di STNK atau BPKB, atau secara online melalui website resmi yang berhubungan dengan administrasi kendaraan di wilayah Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati jika menemukan nomor rangka motor yang tidak rapi, berubah, atau tidak sesuai dengan dokumen. Hal ini bisa menandakan bahwa motor tersebut palsu, curian, atau bermasalah.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)