KIA Niro EV, Ini Spesifikasi yang Bikin Mobil Listrik Korea Jadi Berbeda

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 10:30 WIB
loading...
KIA Niro EV, Ini Spesifikasi yang Bikin Mobil Listrik Korea Jadi Berbeda
KIA Niro EV rencananya akan dijual di Indonesia dengan harga kisaran Rp800 jutaan. Foto-foto/Top Gear.
A A A
JAKARTA - KIA Niro EV yang sempat dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 ternyata memiliki banyak kelebihan yang sangat menggambarkan kelebihan mobil- mobil listrik Korea Selatan.

Ya di ajang GIIAS 2022 yang telah berakhir pekan lalu, KIA Niro EV memang bukan satu-satunya mobil listrik dari Korea Selatan yang datang ke Indonesia. Selain KIA Niro EV ada juga Hyundai IONIQ 5 dan KIA EV6.

Menariknya seperti KIA Niro EV, kedua mobil listrik asal negeri gingseng itu memang memiliki banderol harga yang menarik. Bahkan lebih kompetitif jika dibandingkan dengan mobil-mobil listrik yang setara.

KIA Niro EV menurut Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) rencanaya akan dijual di harga Rp800 jutaan. Sebaliknya Hyundai IONIQ 5 dijual di harga Rp748 juta untuk Standard Range dan Rp859 juta untuk Long Range.



KIA Niro EV, Ini Spesifikasi yang Bikin Mobil Listrik Korea Jadi Berbeda


"Rencana kami, (menjual kendaraan listrik) itu di kuartal pertama tahun depan. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan bisa dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah kita tentukan, dan langsung delivery," kata Ario Soerjo.

Lalu apa sih menariknya KIA Niro EV? Sekadar informasi, Kia Niro EV adalah mobil listrik yang masih berbasis platform mobil konvensional.

Ia memiliki motor listrik penggerak roda depan bertenaga 150 kW atau 201 daya kuda dan torsi 255 Nm. Sedangkan untuk baterainya, KIA Niro EV mendapatkan baterai Lithium-ion berkapasitas 64,8 kWh.

Baterai tersebut memberikan KIA Niro EV jarak tempuh klaim sejauh 460 kilometer dalam sekali pengecasan penuh.



KIA Niro EV, Ini Spesifikasi yang Bikin Mobil Listrik Korea Jadi Berbeda


Bagaimana dengan fitur-fiturnya? Secara singkat, Kia Niro EV memiliki fitur-fitur yang cukup menakjubkan. Menariknya, ada beberapa fitur yang tersedia di Kia Niro EV serupa dengan KIA EV6, seperti kemampuan Vehicle-to-Load (V2L) berdaya maksimum 3,6 kW.

Lalu fitur-fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) Niro EV sudah secanggih KIA EV6. Sebut saja Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) Niro EV bisa mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda serta beroperasi saat mobil berbelok di persimpangan.

Tidak hanya itu, KIA Niro EV juga sudah dilengkapi Smart Cruise Control, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Blind-spot Collision-Avoidance Assist, dan Manual Speed Limit Assist.

Fitur lainnya yang sudah melengkapi KIA Niro EV ada 8 airbag, Apple CarPlay dan Android Auto, audio Harman Kardon, serta jok berventilasi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)