Bikin Kehebohan, Tank Tempur Ini Mogok di Tengah Jalan

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 17:00 WIB
loading...
Bikin Kehebohan, Tank Tempur Ini Mogok di Tengah Jalan
Tank tempur milik Malaysia, PTY-91M bikin heboh jalan karena mogok. Foto/Paultan.
A A A
MALAYSIA - Tank tempur PTY-91 buatan Polandia yang dimiliki oleh Malaysia bikin kehebohan baru-baru ini. Pasalnya Main Battle Tank (MBT) itu mogok di tengah jalanan umum.

Tank yang dikembangkan dari tank legendaris Rusia T-72 M itu itu tiba-tiba saja tidak bisa dijalankan di Jalan Damansara yang menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Alhasil kendaraan tempur itu langsung membuat satu jalur tertutup.

Kejadian itu membuat kemacetan panjang. Pasalnya banyak pengguna jalan yang memelankan kendaraan mereka melihat-lihat tank seberat 46 tontersebut.

Baca juga : 4 PO Bus Mewah di Kalimantan, Punya Banyak Fasilitas yang Bikin Penumpang Nyaman

Bikin Kehebohan, Tank Tempur Ini Mogok di Tengah Jalan


Disebutkan Paultan awalnya tank tersebut digunakan untuk gladi resik parade kemerdekaan Malaysia yang berlangsung pada 31 Agustus 2022 nanti. Usai gladi resik tank tersebut dikembalikan ke pusat penyimpanan senjata tentara Malaysia .

Hanya saja dalam perjalanan tersebut tank PTY-91 itu tiba-tiba mogok. Butuh waktu yang cukup lama buat proses evakuasi. Pasalnya tank itu harus diangkut dengan kendaraan khusus.

Baca juga : Ilmuwan Klaim Pengisian Baterai Mobil Listrik Bisa 10 Menit berkat Kecerdasan Buatan

Bikin Kehebohan, Tank Tempur Ini Mogok di Tengah Jalan


Diketahui PTY-91M diproduksi oleh Zaklady Mechhaniczne Bumar-Labedy SA yang merupakan manufaktur persenjataan dari Polandia. Spesifikasinya sendiri yakni sepucuk kanon utama kaliber 125 mm, senapan mesin kaliber 7,62 mm dan senapan mesin kaliber 12,7 mm.

Sedangkan sistem armornya/proteksi ialah blok ERA (Explosive Reactive Armor) ERAWA-1 dan ERAWA-2 yang jika dilihat seperti balok-balok kotak yang disusun di sekitar badan tank. Yang canggih dari PT-91M Pendekar ini adalah sistem kendali meriamnya menggunakan FCS (Fire Control System) Sagem Savan-15 seperti kepunyaan MBT Leclerc Prancis dan Challenger 2 Inggris.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1154 seconds (10.177#12.26)