Perhatikan 5 Penyebab Koil Motor Lemah, Jangan Sampai Mogok

Senin, 29 Agustus 2022 - 14:28 WIB
loading...
A A A
Ketika melakukan penggantian koil motor, sebaiknya pemilik motor meperhatikan kode bawaan motor saat ganti busi yang baru. Jangan sekali kali nekat untuk memasang koil motor yang berbeda jenis dengan spesifikasi motor. Sebab, meskipun memiliki fungsi yang sama Fungsinya menaikan tegangan jadi ratusan ribu volt agar busi bisa memercikan api.Tapi jangan coba-coba pakai koil motor karburator di motor injeksi.

3. Penggunaan Bahan Bakar Kualitas Rendah

Performa yang kurang dalam penghematan bahan bakar kendaraan yang rendah, bisa menjadi penyebab koil melemah. Pasalnya, lebih sedikit daya yang mencapai busi. Berarti kendaraan berjuang dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar untuk mengimbangi daya yang tidak mencukupi.



4. Busi Rusak atau Aus

Jika busi aus, mengakibatkan paksaan koil pengapian untuk beroperasi pada output yang lebih tinggi. Saat busi aus, celah di setiap busi yang dinyalakan akan melebar, yang berarti koil perlu memberikan tegangan yang lebih tinggi. Sederhananya kamu harus menjaga busi agar tetap dalam kondisi yang optimal sehingga dapat mengurangi kemungkinan mengalami koil pengapian.

5. Percikan Api ke Busi yang Tidak Teratur

Lemahnya koil pengapian, menyebabkan kendaraan memberi percikan api yang tidak teratur pancarannya ke busi. Untuk menjaga kendaraan agar tetap berjalan dan tidak macet, ketika kendaraan dihentikan kemungkinan kamu harus memaksa starter kendaraan.

MG/Shinta Sofariah
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)