Membedah New Mitsubishi Xpander Cross, Ini Plus Minusnya

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:31 WIB
loading...
Membedah New Mitsubishi Xpander Cross, Ini Plus Minusnya
New Mitsubishi Xpander Cross bersaing dengan kompetitor seperti Hyundai Stargazer, Toyota Veloz, dan All New Honda BR-V. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mobil Low SUV ini memiliki berbagai keunggulan yang menjanjikan, seperti penambahan teknologi Active Yaw Control (AYC), wireless charger, multi arround monitor, dan lainnya.

New Mitsubishi Xpander Cross dibekali mesin 4A91 MIVEC DOHC 16 valve dengan kapasitas 1.499cc. Adapun daya maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 105 ps dan torsi 141Nm.

Pada sisi interior, New Xpander Cross memang jauh berbeda dengan Xpander Cross lama. Yang paling terlihat adalah palang kemudi yang kini jauh lebih tebal dan diklaim mirip dengan palang kemudi Mitsubishi Evolution. Perlu dicatat palang kemudi yang sama juga ada di varian tertinggi Mitsubishi New Xpander Ultimate.

Selain itu juga hadirnya layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah terkoneksi dengan Android Auto dan Apple Car Play. Pemasangan AC digital juga makin membuat suasana kabin Low SUV andalan Mitsubishi itu jadi terlihat canggih.

Dari sisi fungsionalitas Mitsubishi New Xpander Cross juga memiliki dua slot USB yakni Type B dan Type C. Slot yang sama juga dihadirkan di baris kedua Mitsubishi New Xpander Cross.



Fitur keselamatannya juga ditingkatkan. Ada tambahan fitur keselamatan baru pada Xpander Cross, antara lain New Speed Sensitive Automatic Door Lock dan New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold.

Terakhir jok mobil juga hadir dengan kelebihan yang unik. Jok mobil itu dilengkapi dengan heath guard. Jadi jok mobil tidak akan terasa panak jika dijemur di bawah paparan matahari langsung.

Disamping berbagai keunggulan yang dimilikinya, ada beberapa kekurangan dari New Mitsubishi Xpander Cross ini jika dibandingkan beberapa kompetitornya.

Salah satunya adalah penggunaan tromol untuk rem belakang. Dengan rentang harga yang sudah ditentukan untuk Mitsubishi New Xpander Cross ini, banyak yang berharap untuk setidaknya mereka menggunakan rem cakram. Meski, memang di kelasLow MPV atau Low SUVpenggunaan rem drum atau tromol di bagian belakang wajar.

Seperti All New Honda BR-V, yang masih memakai rem tromol. Meski, Toyota Veloz sudah memakai rem cakram untuk roda belakang maupun depan.

Pada fitur keselamatn,New Mitsubishi Xpander Cross ini hanya dilengkapi dual airbag. Hal ini cukup tertinggal apabila melihat beberapa kompetitor seperti All New Veloz 2022 tipe Q yang bahkan memasang sekitar 6 airbag.



Kekurangan New Mitsubishi Xpander Cross yang berikutnya adalah ketersediaan fitur keselamatan aktif (Active Safety Features) jika dibandingkan kompetitornya. Yakni, teknologi yang dirancang untuk menghindari tabrakan akibat kelalaian pengemudi.

Hyundai, misalnya, sudah memiliki Hyundai SmartSense. Sementara itu, All New Honda BR-V juga memiliki Honda Sensing. Dua-duanya punya lebih dari 5 fitur keselamatan.

Adapun New Mitsubishi Xpander Cross hanya memiliki 2 fitur keselamatan aktif baru, yakni Active Yaw Control (AYC) dan Active Stability Control (ASC). Meski demikian, Xpander Cross juga sudah memiliki fitur kamera 360. Kamera 360 cukup berguna saat pengendara hendak memarkir kendaraan atau bahkan melewati jalan sempit sekalipun.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)