Penting Dipelajari, 5 Cara Menjaga Ban Motor agar Tidak Cepat Retak

Kamis, 01 September 2022 - 14:14 WIB
loading...
Penting Dipelajari, 5 Cara Menjaga Ban Motor agar Tidak Cepat Retak
Cara menjaga ban motor agar tidak cepat retak perlu dipahami oleh pemilik motor. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cermati lima cara menjaga ban motor agar tidak cepat retak sehingga tidak membahayakan Anda di jalan kemudian hari. Menjaga atau merawat ban motor memang jadi hal yang sangat terpenting dalam berkendara.

Pasalnya ban adalah komponen kendaraan yang paling bersentuhan dengan aspal jalan. Sayangnya, banyak pemilik kendaraan baik roda empat atau roda dua menganggap enteng perawatan ban.

Perawatan yang kurang dan intensitas penggunaan yang sangat tinggi biasanya akan membuat ban motor retak-retak. Tanpa mengurangi fungsinya, retak-retak halus yang terdapat pada permukaan ban masih aman untuk digunakan. Hanya saja tampilan ban pada motor menjadi kurang menarik.

Maka dari itu sebagai pengguna motor kita harus selalu memperhatikan dan merawat ban motor agar ban tidak mudah retak dan tetap awet.

Baca juga : Spesifikasi Yamaha RX King Reborn yang Penuh dengan Tantangan

Berikut ini lima cara yang dapat dilakukan untuk menjaga ban motor agar tidak cepat retak. Yuk cermati:

1. Memastikan Tekanan Udara pada Ban

Memeriksa tekanan udara dalam ban sangatlah penting. Hal itu membantu pemilik kendsaraan mengetahui ban dalam kondisi kempes atau tidak sebelum berkendara.

Mengendarai motor dengan ban yang kurang angin sangat bahaya karena dapat menyebabkan ban motor mudah bocor, permukaan ban retak dan menjadi pemicu untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun perlu diperhatikan untuk mengisi angin seperlunya agar angin di dalam ban tidak terlalu penuh dan dapat menyebabkan ban meledak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1503 seconds (11.210#12.26)