Cara Oper Gigi Mobil Manual yang Halus Dijamin Tidak Loncat

Jum'at, 02 September 2022 - 13:56 WIB
loading...
Cara Oper Gigi Mobil Manual yang Halus Dijamin Tidak Loncat
Cara oper gigi mobil manual. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara oper gigi mobil manual merupakan salah satu hal penting yang harus dipahami bagi para pengguna mobil manual.

Harga yang relatif lebih murah dibandingkan mobil matic membuat sebagian orang masih memilih untuk menggunakan mobil manual.



Namun tentunya mobil matic maupun manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika pada mobil matic lebih mudah penggunaanya dengan harga yang relatif mahal, maka pada mobil manual harga relatif murah tetapi penggunaanya sedikit lebih sulit karena pengemudi harus menekan kopling, mengatur kecepatan dan memindahkan gigi secara bersamaan.

Namun hal inilah yang menjadi tantangan bagi para pengguna mobil manual. Jika mereka mampu melakukannya dengan halus maka hal ini akan menjadi pengalaman yang seru selama berkendara.

Nah gimana sih cara oper gigi halus pada mobil manual? yuk disimak.

1. Atur waktu oper gigi dengan tepat

Untuk dapat oper gigi pada mobil manual secara halus kita memerlukan waktu yang lebih tenang dan tidak terburu-buru. Hal ini karena ada beberapa tahap yang dilakukan bergantian agar dapat memindahkan gigi dengan halus yaitu, melepas throttle, menekan kopling, mengganti gigi, mengangkat kopling dan dilanjutkan dengan menekan throttle.

Maka jika anda melakukannya dengan terburu-buru memungkinkan anda melupakan tahapan tersebut yang menyebabkan mobil tersentak.

2. Tekan pedal kopling ke bawah

Kopling memiliki tugas untuk menghubungkan dan memutuskan daya dari mesin menuju gearbox (transmisi). Fungsi kopling sendiri adalah untuk mengubah tingkatan kecepatan pada mesin mobil sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Setelah gearbox terpisah dari mesin, gear yang berada di dalam gearbox dapat dipercepat atau diperlambat sesuai kecepatan ketika mobil dilajukan. Namun apabila anda tidak menekan kopling dengan tepat, roda gigi tidak akan dapat memperlambat atau mempercepat dan menyinkronkan kecepatanya sehingga pergantian gigi tidak mulus.

3. Angkat kopling secara perlahan

Ketika anda telah menekan pedal kopling ke bawah, angkatlah kembali kopling ke atas secara perlahan-lahan menuju tempat semula. Kopling yang sudah kembali pada posisi awal berfungsi untuk menyesuaikan kecepatannya. Jika anda mengangkat pedal kopling terburu-buru pelat kopling akan bertabrakan dengan pelat lainnya sehingga mobil akan tersentak dan bergoyang.

4. Lakukan oper gigi dengan lembut

Kopling, throttle dan gearbox adalah komponen mobil yang dapat dioperasikan dengan ringan sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra untuk memberikan tekanan pada komponen tersebut.

Maka kurangilah tekanan yang diberikan pada pedal dan kekuatan untuk menarik persneling. Tekan kopling perlahan untuk mengaktifkannya, dan jangan diinjak. Setelah itu lepaskan dengan halus agar mobil tidak oleng.

5. Perhatikan RPM

Revolutions Per Menit (RPM) merupakan satuan yang digunakan untuk menginformasikan kecepatan pada perputaran mesin kendaraan. Dengan adanya RPM berguna membantu para pengendara untuk menghemat bahan bakar.

Jika anda menggunakan teknik ini anda bisa oper gigi dengan halus sekaligus menghemat bahan bakar. Caranya pengemudi cukup mempertahankan RPM dengan gigi dan kecepatan yang sesuai tanpa menunggu RPM sampai tinggi.

MG/Ni Made Susilawati
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3082 seconds (0.1#10.140)