6 Tips Hemat Bahan Bakar untuk Motor Matic

Kamis, 08 September 2022 - 20:15 WIB
loading...
6 Tips Hemat Bahan Bakar untuk Motor Matic
Motor matic memerlukan bahan bakar lebih banyak karena ada banyak gear yang terpasang. Ada beberapa tips agar hemat bahan bakar untuk pengguna motor matic.Foto/Dok/iNews.id
A A A
JAKARTA - Motor matic memerlukan bahan bakar lebih banyak karena ada banyak gear yang terpasang. Pada motor matic pengaturan gear atau kecepatan tidak dengan perseneling seperti motor manual yang bisa menghemat bahan bakar .

Walaupun memiliki teknologi yang terbaru dan lebih canggih, penggunaan bahan bakar seiring dengan performa dan kondisi motor. Ada beberapa tips agar hemat bahan bakar untuk pengguna motor matic.

1.Tidak Sering Memanaskan Motor
Memanaskan motor sebelum digunakan bukanlah hal yang harus dilakukan, termasuk untuk motor yang menggunakan teknologi injeksi. Sebenarnya, pengguna motor disarankan menggunakan motor setelah mesin dinyalakan. Panaskan mesin motor cukup 1 menit.



2. Atur Kecepatan Secara Baik
Kecepatan kendaraan akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin cepat kendaraan digunakan, semakin banyak bensin yang terkuras.

3. Ganti Filter Udara Secara Berkala
Filter udara yang kotor dapat memengaruhi tingkat keborosan pada bahan bakar. Filter yang kotor dapat menyumbat udara ketika memasuki sistem pembakarannya lewat saluran intake. Jadi bahan bakar akan terbuang dengan sia-sia. Jika mesin dirawat dengan rutin, pemakaian bahan bakar jadi lebih hemat.

4. Tidak Membawa Terlalu Banyak Barang
Membawa barang yang terlalu banyak, bisa menyebabkan boros bahan bakar. Membawa banyak muatan, mesin harus bekerja lebih ekstra sehingga banyak menyedot bahan bakar.



5. Hindari Jalan Rusak
Melewati jalan rusak dapat membuat bahan bakar lebih banyak terkuras. Jadi sebisa mungkin hindari jalanan berlubang agar hemat bahan bakar dan motor tidak cepat rusak.

6. Perhatikan Tekanan Udara pada Ban
Tekanan udara pada ban motor dapat mempengaruhi pengunaan bensin. Ban motor yang kempes dapat membuat motor bekerja lebih ekstra dari biasanya. Jadi penggunaan bahan bakar jadi lebih boros.

MG/Navizia Louvitrioktavia
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)