Cara Mengganti Seal Master Rem Mobil yang Tepat dan Bermanfaat

Jum'at, 23 September 2022 - 11:09 WIB
loading...
Cara Mengganti Seal Master Rem Mobil yang Tepat dan Bermanfaat
Cara mengganti seal master rem mobil sangat penting dipahami untuk menjaga keamanan mengemudi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara mengganti seal master rem mobil yang tepat perlu dicermati agar lebih bermanfaat di kemudian hari. Apa saja yang perlu dilakukan?

Terlebih dulu perlu dipahami mengganti seal master rem mobil memang bisa dilakukan sendiri atau Do It Yourself (DIY). Hanya saja jika Anda merasa kurang yakin dan tidak teliti, sebaiknya percayakan penggantian seal master rem mobil kepada mekanik di bengkel kepercayaan Anda.

Namun jika Anda sudah cukup berani, Anda bisa mencermati beberapa cara yang diberikan di tulisan ini. Pertama, pahami dulu induk dari sistem pengeraman di mobil Anda.

Cara kerja dari komponen ini tergantung dari jenis rem di mobil. Master rem yang ada di dalam jenis rem tromol akan mendorong brake shoe floating secara hidrolik sehingga bisa mengungkit bagian brake shoe.Beda dengan jenis rem cakram dimana master rem akan menekan agar minyak rem tidak bisa masuk ke bagian brake caliper.

Setelah itu pahami posisi master rem. Anda bisa memastikan posisinya yang ada di balik roda. Jadi Anda tidak akan repot untuk menemukannya dan tidak perlu membongkar mobil.

Baca juga : Ilmuwan Kelabakan Memahami Cuaca Super-Ekstrem yang Terjadi di China

Perlu Anda ketahui master rem yang rusak akan sangat berbahaya. Sistem pengeraman tidak akan bekerja denga nmaksimal. Hal itu tentu akan membahayakan Anda saat mengendarai mobil.

Nah sekarang pahami bagaimana cara mengganti seal master rem mobil di bawah ini. Mari cermati:

1. Periksa Dinding Master Rem

Sebelum melakukan penggantian, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan dinding master rem terlebih dahulu. Bagian ini rawan kotor sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0930 seconds (10.55#12.26)