Sejarah Kendaraan dan Transportasi Dunia, Berawal dari Sepeda hingga Mobil

Rabu, 28 September 2022 - 17:35 WIB
loading...
A A A
Mobil pun berkembang pesat di abad ke-19 dan berubah menjadi berbahan bakar minyak seperti saat ini. Selain mobil, alat transportasi lain yang juga terkenal adalah kereta api. Serupa dengan mobil, kereta pada awalnya menggunakan uap sebagai mesin penggerak.

Kereta sendiri disebut sudah ada di Jerman sejak 1550 dan masih berbentuk gerobak dari kayu. Kereta kayu ini memanfaatkan tenaga kuda, dengan rel yang juga terbuat dari kayu. Kereta kayu dari Jerman ini menjadi cikal bakal lahirnya kereta api modern seperti yang dikenal di masa modern.

Mobil Pertama di Indonesia
Sejarah Kendaraan dan Transportasi Dunia, Berawal dari Sepeda hingga Mobil

Pada awal abad ke-19, lokomotif bermesin uap dioperasikan di Inggris dan menarik gerobak batu bara. Kereta juga cepat berkembang sebagai alat transportasi dunia. Pada 1830-an, Amerika Serikat sudah mulai menggunakan kereta dan lokomotifnya didapat langsung dari Inggris.

Industri kereta di negara ini dan dunia kemudian terus berkembang pesat sampai hari ini.

Di Indonesia sendiri, kendaraan mobil masuk mulai 1894. Kala itu, Sultan Surakarta Pakubuwono X memesan 1 unit mobil Benz Victoria Phaeton yang memiliki 3 roda.

Mobil ini merupakan kendaraan dinas selama Pakubuwono X memimpin. Selain itu, sang Sultan juga membeli mobil Daimler di tahun 1907, dengan model Britze Daimler.

Alat transportasi lain yakni kereta, Indonesia baru memilikinya di tahun 1800-an. Pemerintah Belanda melakukan pencangkulan jalur kereta api Semarang-Solo-Yogyakarta di Desa Kemijen, Semarang pada 17 Juni 1864.



Sejak saat itu, kereta api menjadi salah satu alat transportasi unggulan Indonesia yang mampu mengangkut hasil tambang, penumpang, dan barang-barang lainnya.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3374 seconds (0.1#10.140)