Inovasi dan Teknologi Kendaraan Listrik Harus Dibarengi Infrastruktur  yang Mumpuni

Rabu, 28 September 2022 - 21:22 WIB
loading...
Inovasi dan Teknologi Kendaraan Listrik Harus Dibarengi Infrastruktur  yang Mumpuni
Pembangunan SPKLU dengan jumlah besar mutlak diperlukan untuk mendukung peredaran mobil listrik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Seiring dengan perkembangan zaman, sejumlah perusaan otomotif kian gencar berinovasi menciptakan desain kendaraan terbaru yang disertai dengan teknologi terbaru, salah satunya yaitu kendaraan listrik .Di Indonesia sendiri, pengguna kendaraan listrik sudah semakin bertambah.

Sejumlah masyarakat mulai percaya dengan kendaraan listrik, karena dianggap lebih hemat dan efisien. Belum lagi beberapa influencer dan tokoh-tokoh besar di industri otomotif pun turut menggaungkan kendaraan listrik. Hal itu membuat masyarakat semakin berminat dengan kendaraan listrik.

Untuk kendaraaan listrik di Indonesia, sudah banyak bersliweran di kota-kota besar, khususnya Jakarta. Selain itu, banyak juga produsen mobil yang menawarkan teknologi serta inovasi terkini.

"Kalau teknologi untuk kendaraan listrik itu sudah teknologi terkini , dari mulai fast charging hingga jarak tempuh yang panjang, jadi sama sekali tidak tertinggal," ujar Bebin Djuana, Pengamat Otomotif saat dihubungi MNC Portal Indonesia via telepon.

Namun, di tengah industri mobil listrik di dunia yang kian bergairah, Bebin menjelaskan bahwa kendaraan listrik di Indonesia masih sangat kurang. Dia mengatakan, hanya ada beberapa produsen mobil yang sudah mulai serius menghadirkan kendaraan listriknya di Indonesia.

"Menurut saya di negeri kita kendaraan listrik masih sangat kurang, brand-brand Jepang sepertinya masih enggan untuk memasarkan kendaraan listrik, mereka lebih suka hybrid," jelas Bebin.

Tapi menurut Bebin, apa yang dilakukan oleh sejumlah brand Jepang tidak salah. "Itu tidak salah, karena hak mereka, tapi apabila kita berbicara soal percepatan kendaraan listrik ini akan jadi masalah, karena yang serius datang membawa kendaraan listrik ke Indonesia cuma beberapa," tutur Bebin.

Baca juga : Samsung dan Intel Bikin Layar Komputer yang Bisa Diperbesar

Inovasi dan Teknologi Kendaraan Listrik Harus Dibarengi Infrastruktur  yang Mumpuni


Meski demikian, Bebin melihat langkah yang diambil beberapa produsen mobil masih masuk akal. Hal tersebut karena infrastukturnya pun belum siap. "Prasarananya di Indonesia belum siap, saya dengar angka bahwa kita punya sekitar 150 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar seluruh Indonesia, itu pantesnya cuma untuk 1.000 mobil listrik, padahal di Jakarta sudah lebih dari 1000. Berarti SPKLU-nya belum mumpuni" ungkap Bebin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2311 seconds (10.177#12.26)