5 Kereta Masa Depan yang Kecepatannya Melebihi Pesawat

Kamis, 29 September 2022 - 11:57 WIB
loading...
5 Kereta Masa Depan yang Kecepatannya Melebihi Pesawat
Kereta masa depan dengan kecepatan melebihi pesawat. FOTO/ IST
A A A
BERLIN - Kereta masa depan dengan kecepatan melebihi kecepatan pesawat dimiliki beberapa negara maju dan bersaing ketat dalam pengembangannya. Industri kereta cepat memang berkembang sangat pesat dan menjadi gengsi tersendiri dalam perkembangan moda transportasi modern.

Tōkaidō Shinkansen atau "kereta peluru" Jepang pada tahun 1964 merupakan pelopor kereta api berkecepatan tinggi pertama. Setelah Jepang, Train a Grande Vitesse (TGV) dari Perancis tidak mau ketinggalan.



Beberapa dekade kemudian, negara-negara seperti Cina, Jerman, Italia, Spanyol, bahkan negara dari Afrika yakni Maroko tidak mau ketinggalan. Bahkan China dalam satu dekade terakhir telah membangun jaringan kereta baru sepanjang 38.000 km yang menjangkau sampai setiap sudut negeri.

Meski begitu, Jepang ingin kembali mendominasi dengan proyek kereta cepat terbarunya yang sedang dikembangkan yakni L0 Series Maglev. Berikut ini adalah 5 kereta tercepat di dunia yang dilansir dari Travelandleisure.

Daftar 5 kereta masa depan yang ada di dunia saat Ini:

1. L0 Series Maglev

Kereta tercepat pertama adalah L0 Series yang bakal dioperasikan oleh Japan Railway Central (JRC), atau yang dikenal sebagai JR Tokai.

Layanan kereta cepat ini masih dalam pengembangan dan akan siap diluncurkan untuk komersial pada tahun 2027. Kereta ini rencananya akan melayani rute Tokyo - Nagoya. Kereta ini sempat diuji coba dan memecahkan rekor kecepatan mencapai lebih dari 600 km/jam.

2. TGV POS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)