BMW E30 Andre Taulany Satu-satunya di Dunia tapi Kalah di Perang Bintang

Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:00 WIB
loading...
BMW E30 Andre Taulany Satu-satunya di Dunia tapi Kalah di Perang Bintang
BMW E30 Andre Taulany tampil istimewa di ajang OLX Autos IMX 2022. Foto/IST
A A A
JAKARTA - BMW E30 Andre Taulany jadi mobil BMW E30 hatchback satu-satunya di dunia. Sayang mobil modifikasi itu kalah di Perang Bintang OLX Autos Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 yang berakhir pekan lalu.

BMW milik selebritas Andre Taulany itu memang sangat istimewa. Pasalnya dalam sejarah BMW E30, perusahaan mobil asal Jerman itu hanya membuat BMW E30 dalam tiga tipe body yakni sedan, coupe dan cabriolet. Jadi insinyur-insinyur yang ada di kantor pusat BMW di Munich, Jerman, memang tidak pernah terpikir membuat BMW E30 jadi hatchback atau mobil tanpa ekor.

Namun hal itu justru yang terpikir di benak Andre Taulany. Selebritas kelahira 17 September 1974 itu nekat membuat terobosan baru dengan menghadirkan BMW E30 hatchback hasil perkawinan BMW E30 dengan Volkswagen Golf Mk4.

Untuk mewujudkan ide gila itu Andre Taulany meminta Posman Panggabean dari rumah modifikasi Privat Auto Garage. “Basisnya ini BMW E30 4 pintu, kemudian kita modif dibikin 2 pintu dulu. Motongnya bukan cuma motong, tapi pilar B itu dimundurin. Kemudian pakai pintu coupe E30 asli,” jelas Posman Panggabean.



BMW E30 Andre Taulany Satu-satunya di Dunia tapi Kalah di Perang Bintang


Setelah dipotong, Volkswagen Golf Mk4 tetap membawa beberapa fitur. Salah satunya kaca belakang yang memiliki heater dan wiper. Termasuk pintu bagasi yang bisa membuka ke atas. Selanjutnya kaki-kaki diperkuat dengan air suspension untuk memberikan tampilan yang bisa lebih ceper. Kemudian melengkapi tampilan luar ditambahkan roofrack dan roofbox.

Masuk ke interior, Andre memilih gaya Porsche klasik. Terdapat paduan fabrik bermotif jaring-jaring. "Motif joknya tepatnya Recaro LX jaring. Itu kan di era-era 90-an lagi top-topnya,” ungkapnya.

Tantangan terbesar dalam memodifikasi BMW E30 Hatchback selain mengonversi bentuk bodi, yakni mesin dan transmisi. Ia tak menggunakan jantung pacu M10 atau M40, melainkan M42 yang dipakai model 318is. Lalu diubah lagi transmisinya dari manual menjadi otomatis.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)