11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:45 WIB
loading...
11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal
Cara mencuci mesin mobil penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mencuci mesin mobil penting untuk diketahui konsumen. Sebab, walau selalu tertutup kap, tapi bukan berarti kondisi mesin selalu bersih dan terbebas dari debu serta kotoran. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui cara tepat untuk membersihkan mesin mobil.

Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, mencuci mesin mobil memang diperlukan. Namun, harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Ini untuk mencegah terjadinya kerapuhan pada bagian karet dan plastik pada mesin. Nah, berikut cara mencuci mesin mobil yang ideal:

1. Hindari Matahari Langsung
Mencuci mesin mobil yang ideal di garasi tertutup. Tapi, jika kondisinya sempit dan gelap, maka disarankan untuk memilih tempat yang cukup teduh.
Ini perlu dilakukan karena di dalam mesin terdapat bagian yang terbuat dari karet dan plastik. Sehingga bisa rapuh apabila terkena air dan langsung terpapar sinar matahari, sehingga kualitasnya bisa menurun.

2. Siapkan Alat-alatnya
Peralatan dan bahan untuk mencuci mesin mobil juga perlu disiapkan. Antara lain air sabun, cairan degreaser, sikat, kuas, dan kain lap. Jika memiliki alat steam uap dan blower, sebaiknya gunakan kedua perangkat tersebut. Alat-alat tersebut akan mempercepat proses pencucian mesin mobil agar air sabun atau cairan degreaser dan air cepat mengering.

3. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin
11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal

Ketika ingin mencuci mesin mobil, pastikan kendaraan tidak digunakan atau mesin belum dinyalakan sama sekali. Jika mobil baru dijalankan, maka tunggu sekitar 30 menit-45 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.

Mesin yang panas akan menghasilkan dampak buruk jika langsung disiram dengan air. Bisa menimbulkan keretakan pada mesin. Untuk itu, pastikan mesin mobil benar-benar dingin ketika ingin melakukan pencucian.

4. Awas Korslet!
Aki yang jadi sumber kelistrikan mobil sebaiknya dibungkus dengan bahan kedap air agar tidak korslet. Jika memungkinkan, sebaiknya lepas aki sebelum mencuci mesin mobil.

5. Bersihkan Debu atau Kotoran Ringan
Proses mencuci mesin mobil dapat dilakukan dengan membersihkan debu-debu atau kotoran ringan. Prosesnya dengan menyapu permukaan mesin dengan kuas hingga ke sela-sela terkecil.

6. Bagian Bawah Kap Mesin
Sebelum mencuci mesin, bagian bawah kap yang berada tepat di atas mesin mobil juga perlu dibersihkan. Ini untuk mencegah kotoran jatuh ke mesin saat proses pencucian.

Cairan degreaser bisa digunakan pada tahap pembersihan bagian bawah kap mesin dan menyikatnya dengan kuas atau sikat gigi. Bilas secara perlahan sehingga cipratan air tidak berantakan ke atas permukaan mesin. Keringkan dengan lap microfiber atau kanebo.

7. Gunakan Steamer
Menggunakan steamer akan memudahkan membersihkan permukaan yang lebar sebelum ke bagian sempit. Jika ada kotoran membandel, maka bisa menggunakan degreaser. Gunakan lubang atau bukaan kecil saat menggunakan steamer agar air tidak menyebar.

8. Mengeringkan
Tahap penting untuk menghindari karat atau getas pada karet dan plastik yang ada di mesin mobil. Gunakan lap microfiber atau kanebo.

10. Periksa Kembali Sisa Sabun
Setelah proses pengeringan selesai, cek kembali bagian yang masih basah dan bagian yang dibersihkan menggunakan sabun. Lap dengan kain basah jika masih terdapat sabun dan keringkan menggunakan microfiber agar tidak merusak permukaan mesin mobil.



11. Nyalakan Mesin
Setelah proses pencucian selesai dan aki sudah dipasang kembali, maka mesin mobil perlu dihidupkan untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab. Kap mesin juga perlu dibuka dalam tahapan ini agar uap udara tak mengendap.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2682 seconds (0.1#10.140)