Ini 7 Tips Atasi Mobil Terendam Banjir, Solusi di Tengah Musim Hujan

Senin, 10 Oktober 2022 - 17:14 WIB
loading...
Ini 7 Tips Atasi Mobil Terendam Banjir, Solusi di Tengah Musim Hujan
Terdapat sejumlah tips untk mengatasi mobil yang terendam banjir. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tips untk mengatasi mobil yang terendam banjir . Mengendarai mobil di tengah musim hujan yang menyebabkan genangan air atau banjir di beberapa lokasi tentunya akan berbahaya bagi kondisi kendaraan.

Musim hujan yang jatuh belakangan ini kerap membuat sejumlah daerah mengalami banjir dan tak sedikit mobil yang terendam. Untuk itu, diperlukan beberapa langkah pencegahan.

Baca juga : Cermati, Menghitung Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir

Berikut tujuh tips atasi mobil terendam banjir :

1. Melepas Kabel Aki dari Mobil

Dilansir dari suzuki.co.id, melepas kabel aki ini berfungsi untuk menghindarkan kendaraan dari konsleting. Terlebih lagi bila mobil keluaran terbaru memiliki sistem otomatis yang lebih mengandalkan transmisi jaringan listrik.

Dalam kondisi banjir korsleting biasanya dipicu karena adanya aliran air yang masuk ke dalam mobil. Karena itulah perlu dilakukan tindakan ini.

2. Lebih Baik Mendorong Mobil dan Jangan Dinyalakan

Kondisi mobil yang tergenang banjir ini berada di kondisi darurat karena itulah lebih baik jangan menyalakan mobil dan cukup dorong saja ke tempat yang lebih aman.

Hal ini dikarenakan mesin yang dinyalakan saat mobil masih terendam di air dapat menimbulkan korsleting listrik pada mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)