Ditinggal Pabrikan Besar, Paris Motor Show Diserbu Mobil China

Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:30 WIB
loading...
Ditinggal Pabrikan Besar, Paris Motor Show Diserbu Mobil China
Pabrikan mobil China, BYD, jadi salah satu bintang di pameran otomotif Paris Motor Show 2022. Foto/Xinhua.
A A A
JAKARTA - Pameran otomotif Paris Motor Show 2022 menghadirkan fenomena unik karena mulai menggeliatnya pabrikan mobil China di negara itu. Dalam pameran yang diselenggarakan mulai 18 Oktober 2022 lalu itu setidaknya ada dua pabrikan mobil China yang hadir yakni Great Wall dan BYD.

Great Wall bahkan tidak tanggung-tanggung hadir di pameran otomotif prestisius di benua biru itu. Mereka hadir dengan membawa divisi merek lainnya seperti ORA, WEY dan SERES.

"Paris Motor Show ini seperti unjuk diri mobil-mobil kerja sama Prancis-China. Termasuk mobil-mobil urban yang tengah jadi tren belakangan ini," lapor lembaga analis otomotif Prancis, Inovev dikutip dari Forbes.

Menariknya mobil-mobil China itu tetap berhasil memeriahkan Paris Motor Show 2022. Banyak pengunjung yang sangat tertarik dengan mobil-mobil buatan China tersebut.

Baca juga : Banyak Buatan China, Ini Kereta yang Kecepatannya Melebihi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Ditinggal Pabrikan Besar, Paris Motor Show Diserbu Mobil China


Setidaknya kehadiran mereka mengobati kerinduan mobil-mobil buatan Eropa lain yang absen di Paris Motor Show 2022. beberapa merek besar memang absen di pameran otomotif tersebut.

Beberapa merek otomotif yang tidak tampil di antaranya adalah Fiat, Maserati, Alfa-Romeo, VW, Audi, Porsche, SEAT, Skoda, BMW, Mini, Hyundai, KIA, Jaguar, Land Rover, Toyota, Lexus, Mercedes-Benz, Subaru, Volvo, hingga Ford. Bahkan perusahaan mobil asal Prancis, Citroen juga ikut-ikutan absen.

Baca juga : Ini Pick Up Tangguh yang Bisa Bikin Anda Percaya Diri Buka Usaha

Ditinggal Pabrikan Besar, Paris Motor Show Diserbu Mobil China


Forbes menyebutkan absennya nama-nama besar itu diyakini karena tingginya biaya yang dihabiskan untuk tampil di Paris Motor Show 2022. Saat ini banyak perusahaan otomotif dunia justru melihat jauh lebih efisien dan ekonomis jika mereka melakukan acara peluncuran sendiri.

Apalagi dari segi eksposure berita, produk-produk mereka tetap mendapatkan perhatian tinggi. Ini akan berbeda jika mereka hadir di pameran otomotif seperti Paris Motor Show 2022 yang biayanya sangat tinggi.

"Pabrikan mobil sekarang melihat akan jauh lebih menguntungkan jika mereka merilis mobil mereka sesuai dengan waktu kalender yang telah mereka siapkan," tulis Forbes.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1860 seconds (11.252#12.26)