Banyak Buatan China, Ini Kereta yang Kecepatannya Melebihi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:21 WIB
loading...
Banyak Buatan China, Ini Kereta yang Kecepatannya Melebihi Kereta Cepat Jakarta Bandung
JL L0 Series Maglev merupakan kereta terkencang di dunia karena bisa meraih kecepatan tertinggi 601 kilometer per jam. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Daftar kereta-kereta di dunia yang lebih kencang dibanding kereta cepat Jakarta Bandung ternyata menarik untuk dicermati. Pasalnya untuk mencapai kecepatan tertinggi butuh rekayasa teknis yang sangat kompleks.

Ambil contoh kereta cepat Jakarta Bandung yang dioperasikan oleh Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Saat ini kereta tersebut memang sama sekali belum beroperasi.

Hanya saja KCIC menggunakan kereta yang sudah lebih dulu ada buatan CRRC Qingdao Sifang. Kereta yang nantinya akan digunakan untuk melayani rute Jakarta Bandung itu menggunakan kereta cepat generasi baru buatan CRRC Qingdao Sifang yakni CR400AF.

Ada banyak hal menarik dari CR400AF. Misalnya CR400AF didesain untuk beroperasi di empat iklim salah satunya di iklim tropis dengan konsisi suhu dan kelembaban tinggi seperti di Indonesia. Selain mampu beroperasi di iklim tropis dan cuaca ekstrim, CR400AF juga dipastikan mampu menghadapi kondisi geografis lintasan Jakarta – Bandung yang cenderung menanjak.

Dari segi teknis, CR400AF memiliki besar daya di setiap rangkaian yang mencapai 9750 kW. Besarnya daya itu membuat kereta cepat itu mampu berlari sangat kencang.

"Satu rangkaian kereta CR400AF terdiri dari 8 gerbong (cars) dengan komposisi empat cars bermotor dan empat cars tanpa motor. Dengan komposisi ini memungkinkan kereta CR400AF memiliki kecepatan desain hingga 420 kilometer per jam dan kecepatan operasional 350 kilometer per jam," tulis KCIC dalam situs resmi mereka.

Jangan anggap enteng kecepatan 350 kilometer per jam. Pasalnya kecepatan itu juga masuk dalam daftar kereta terkencang di dunia.

Nah untuk detailnya, berikut 10 kereta-kereta di dunia yang kecepatannya melebihi kereta cepat Jakarta Bandung. Yuk cermati:

1. Frecciarossa 1000 (400 Kilometer per Jam)
Banyak Buatan China, Ini Kereta yang Kecepatannya Melebihi Kereta Cepat Jakarta Bandung


Dibuat di Italia pada 2013, Frecciarossa 1000 adalah kereta yang sangat luar biasa dan mengagumkan. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 400 kilometer per jam. Kecepatan tinggi itu ditopang oleh 16 mesin. Kereta ini sendiri dibuat oleh perusahaan pembuat pesawat jet asal Kanada, Bombardier.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)