Selalu Waspada! Lakukan 6 Tips Ini Saat Berkendara Motor di Musim Hujan

Senin, 24 Oktober 2022 - 07:35 WIB
loading...
Selalu Waspada! Lakukan 6 Tips Ini Saat Berkendara Motor di Musim Hujan
Musim hujan membuat pengendara harus jauh lebih hati-hati, sambil tetap menggunakan perangkat penunjang keselamatan yang memadai. Foto: dok Yamaha
A A A
JAKARTA - Musim hujan menuntut pengguna motor lebih berhati-hati saat berkendara. Kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan mengingat kondisi jalan yang licin serta faktor lainnya.

Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan sejumlah tips yang sangat berguna dan bisa diterapkan oleh pengguna sepeda motor. Berikut beberapa diantaranya:

1. Hindari Jas Hujan Model Ponco
Selalu Waspada! Lakukan 6 Tips Ini Saat Berkendara Motor di Musim Hujan

Disarankan untuk menggunakan jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, dan dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

2. Helm yang Memadai
Gunakan helm dengan kaca terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

3. Jaga Jarak Aman
Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

4. Kecepatan yang Aman
Selalu gunakan kecepatan aman, serta hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi. Ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

5. Mengerem dan Ngegas Lebih Halus
Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.



6. Jangan Dipaksakan!
Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkanperjalanan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2959 seconds (0.1#10.140)