7 PO Bus Legendaris di Jawa Barat, Nomor 6 Beroperasi Sejak 1970

Sabtu, 10 Desember 2022 - 19:27 WIB
loading...
7 PO Bus Legendaris di Jawa Barat, Nomor 6 Beroperasi Sejak 1970
Terdapat sejumlah PO bus legendaris di Jawa Barat yang bisa diketahui. Salah satunya Luragung. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah PO bus legendaris di Jawa Barat yang bisa diketahui. Sebagai jalur penyangga dari ibu kota Jakarta, Jawa barat sejak dulu sudah dibekali transportasi umum dengan jumlah yang cukup banyak hingga sekarang ini.

Sejak dulu bus selalu menjadi alat transportasi yang banyak diminati sebagian orang. Selain murah, bus juga memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik dari transportasi umum lainnya. Sehingga sampai saat ini banyak PO bus yang melegendaris di wilayah Jawa Barat.

Baca juga : 6 PO Bus Legendaris Jawa Timur, yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Berikut ini tujuh PO Bus legendaris dari Jawa Barat

1. Luragung Jaya

Dikutip dari kupugenit.com, bahwa Luragung Jaya merupakan salah satu bus legendaris dari Jawa Barat yang keberadaanya diketahui ada sejak tahun 1990. Bus ini berasal dari Kuningan, Jawa Barat yang terkenal dengan ngeblongnya terutama pada 2015 ke bawah.

Namun dengan banyaknya kejadian pahit yang menimpa Luragung Jaya tersebut, banyak armada yang sudah diperbaharui partsnya dan juga banyak yang sudah diganti secara keseluruhan.

2. Sinar Jaya

PT Sinar Jaya merupakan salah satu perusahaan otobus yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat sejak 18 November 1982. Ssehingga saat ini usia dari PT Sinar Jaya mencapai 40 tahun.

Dengan adanya usia tersebut Sinar Jaya sudah mempunyai nama yang besar dan melegenda bagi masyarakat Jawa Barat. Maka tak heran jika Sinar jaya kerap kali mendapatkan penghargaan terbanyak daripada kompetitornya.

3. Lorena dan Karina

PO Bus legendaris di Jawa Barat yang lainnya ada Lorena & Karina yang mulai beroperasi sejak tahun 1973. Di awal berdirinya, Lorena & Karina hanya memiliki dua armada bus dengan rute jarak pendek yaitu Bogor-Jakarta PP.

Seiring dengan kesuksesannya, Lorena & Karina terus melebarkan sayap dengan membuka trayek yang lebih jauh lagi yaitu dari Jakarta hingga Bali. Lorena & Karina sangat terkenal dari dulu sampai sekarang.

4. Bandung Ekspress

Bandung Ekspress merupakan salah satu PO bus yang melegendaris di Jawa Barat. PO bus ini sudah mulai berdiri sejak 1973, dimana pada saat itu bus ini memiliki nama Bandung cepat.

Hingga saat ini bus yang satu ini masih banyak diminati masyarakat dan mulai mengembangakan bisnisnya terutama dalam layanan bus malam cepat, bus pariwisata, dan bus paket kilat.

Baca juga : 5 PO Bus Legendaris di Jawa Tengah, Nomor 4 Paling Tua

5. Cipaganti

Cipaganti merupakan salah satu bus yang terkenal di Jawa Barat sejak tahun berdirinya yakni pada 1985. Bus ini memiliki markas di wilayah kota Bandung akan tetapi juga beroperasi di wilayah Jawa Barat.

Seiring berjalannya waktu, Cipaganti sempat berkembang pesat hingga menjadi perusahaan transportasi raksasa. Namun, saat ini perusahaan ini mengalami kebangkrutan akibat tersandung kasus hukum.

6. Merdeka

Bus merdeka sudah ada sejak 1970 an tepatnya di kota Ciamis Jawa Barat, dengan usia yang cukup lama tersebut bus ini melegenda di wilayah Jawa Barat.

Pada kurun waktu antara 1970 hingga 1990 merupakan waktu perkembangan yang sangat pesat bagi PO bus ini hingga memiliki 200 unit bus. Dengan banyaknya bus yang dimilikinya, Merdeka melayani jasa bus pariwisata dan bus AKAP.

7. Budiman

PO budiman menjadi salah satu perusahaan bus yang bertahan cukup lama yakni semenjak tahun 1992 yang dijuluki sebagai penguasa jalur selatan Jawa Barat. PO budiman ini sudah terkenal luas, dan namanya sudah melegenda di telinga masyarakat Jawa Barat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)