Uji Emisi Langkah Tepat Menjaga Bumi dari Ancaman Perubahan Iklim

Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
loading...
Uji Emisi Langkah Tepat Menjaga Bumi dari Ancaman Perubahan Iklim
Polusi dari asap kendaraan membuat ancaman perubahaan iklim semakin nyata, uji emisi langkah nyata menjaga bumi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Bencana alam akibat efek perubahan iklim terus terjadi dan bahkan semakin memprihatinkan. Uji emisi kendaraan adalah langkah tepat menyelamatkan Bumi dari perubahan iklim.



Asuransi Astra kembali bergerak dalam upayanya menekan tingkat polusi udara demi memberikan peace of mind kepada masyarakat dan lingkungan sekitar melalui Estafet Peduli Bumi dengan kegiatan uji emisi bersama Garda Oto yang bekerja sama dengan Bengkel Auto 2000 di Grha Asuransi Astra, TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 400 mobil yang terdiri dari para pelanggan setia Garda Oto, komunitas, media hingga masyarakat umum (11/12).

Melalui Estafet Peduli Bumi, pada tahun ini Asuransi Astra kembali menggelar uji emisi sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan mengurangi tingkat polusi udara Indonesia khususnya di wilayah Ibukota Jakarta.

Uji emisi ini dilakukan untuk mengetahui kinerja dan kualitas hingga memonitor efisiensi pembakaran mesin kendaraan bermotor. Hal ini penting dilaksanakan karena memiliki dampak nyata terhadap kualitas udara dan kesehatan masyarakat.

Faktanya, tingkat polusi udara di Jakarta pada tahun 2022 perlu diwaspadai.Berdasarkan data Real-time Air Quality Index (AQI), pada awal Desember 2022, konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta tercatat 4,8 kali dari nilai pedoman standar kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun telah menargetkan penurunan 41 persen polutan berbahaya partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron atau PM2,5 pada 2030.

".Sudah menjadi tanggung jawab kami, Asuransi Astra, sebagai pelaku usaha yang memiliki tanggung jawab sosial untuk mencanangkan kegiatan uji emisi pada hari ini sebagai bentuk dukungan kami dalam menjaga kualitas udara dan meminimalisir risiko-risiko yang mengkhawatirkan demi melestarikan Bumi ini." ujar Hendry Yoga selaku Operation Director Asuransi Astra saat meninjau lokasi uji emisi.

Dalam uji emisi, kendaraan roda empat yang wajib melakukan pengujian adalah mobil yang telah beroperasional di atas tiga tahun. Pada uji emisi yang diselenggarakan oleh Asuransi Astra, para teknisi uji emisi dari Bengkel Auto 2000 telah secara resmi terdaftar dan mumpuni untuk melakukan pengujian.

Kendaraan bermotor akan diukur melalui beberapa unsur senyawa seperti kadar Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2), Oksigen (02), dan Hidrokarbon (HC) dari gas buang yang dihasilkan oleh proses pembakaran kendaraan yang tidak sempurna.

Nantinya, hasil uji emisi akan menunjukkan kondisi dan kelayakan kendaraan bermotor yang dimiliki melalui syarat dan ketentuan emisi. Selain mengurangi dampak pencemaran udara dari sisa gas buang kendaraan bermotor, dengan berhasil lulus uji emisi sama juga dengan melindungi diri sendiri sebagai pengendara dan para pengendara lainnya di jalan raya dengan mengetahui bahwa kendaraanmu dalam kondisi prima dan layak untuk digunakan.

Perlu diingat, adapun perbedaan kriteria dari kelulusan uji emisi ini bergantung pada tahun pembuatan mobil, bahan bakar yang digunakan, hingga bobot kendaraan (khusus untuk bahan bakar diesel).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)