Jelang Libur Nataru, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Jarak Jauh

Senin, 19 Desember 2022 - 16:20 WIB
loading...
Jelang Libur Nataru, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Jarak Jauh
Perjalanan jarak jauh akan jauh lebih aman dan nyaman jika mobil yang digunakan mendapatkan perawatan yang baik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) dengan bepergian jauh dengan menggunakan mobil. Berdasarkan survei Kemenhub, 44,17 juta masyarakat akan bepergian selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Pergerakan masyarakat pada libur Nataru 2022/2023 diperkirakan didominasi oleh mobil pribadi sebesar 28,26%.

Penggunaan mobil pribadi jadi favorit karena tidak hanya lebih fleksibel dari segi waktu, namun juga bisa menghemat biaya karena dapat mengangkut banyak orang.

Tapi ada catatan yang harus diingat oleh Anda sebelum memutuskan untuk berlibur dengan mobil pribadi. Apalagi jika akan menempuh perjalanan dengan jarak tempuh panjang pasti butuh kondisi prima tidak hanya pengemudi tapi mobilnya sendiri.

Untuk itu, ada baiknya melakukan perawatan rutin pada mobil Anda sebelum memulai perjalanan. Terutama memeriksa komponen penting kendaraan seperti berikut ini:



Jelang Libur Nataru, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Jarak Jauh


1. Radiator

Mengecek radiator merupakan hal paling mendasar sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Coba periksa apakah air radiator masih cukup banyak dan sesuai standar atau tidak. Selain itu, ada baiknya jika mobil yang digunakan sudah berumur untuk menguras air radiator yang ada. Seperti yang diketahui, radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin terutama jika digunakan untuk perjalanan jauh.

2. Ban mobil

Tidak boleh dilupakan, perjalanan yang jauh tentu akan menguji kondisi dan kekuatan ban mobil. Anda perlu mengecek kondisinya sebelum melakukan perjalanan panjang. Lihat apakah keadaan ban masih layak pakai, serta jangan sampai lupa untuk mengecek tekanan angin pada mobil Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3530 seconds (0.1#10.140)