Jelang Libur Nataru, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Jarak Jauh

Senin, 19 Desember 2022 - 16:20 WIB
loading...
A A A
3. Oli transmisi

Bagian penting lainnya adalah oli transmisi. Coba periksa apakah kondisinya masih layak dipakai. Oli transmisi untuk mobil manual disarankan untuk diganti apabila mobil sudah menempuh jarak lebih dari 20.000 kilometer.

Untuk mobil manual, mengecek kopling adalah sebuah keharusan setelah mobil digunakan untuk jarak tempuh yang jauh dan macet. Untuk mengecek apakah ada kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya mudah.

“Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi susah dipindahkan. Jika terjadi hal demikian, maka segera ganti kampas kopling mobil, jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Pada mobil bertransmisi matik, akan dilakukan pengecekan oli transmisi setiap 40.000 km. Jika ditemukan kekurangan pada oli transmisi ini sebaiknya segera ditambah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sistem transmisi.

“Pada mobil matik, sistem transmisi juga bisa mengalami keausan, imbasnya akan ada partikel misalkan kotoran seperti debu halus yang merupakan produk keausan tersebut. Lama kelamaan debu ini akan bisa mengubah properties Pelumas seperti viskositas, warna, dll. Contohnya warna, apabila oli matik menjadi lebih gelap ada baiknya transmisi matik melakukan flushing atau pengurasan oli secara total,” tambah Brahma.

4. Aki

Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki. Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak. Bukan cuma itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki. Biasanya, aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika dites menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

5. Rem

Jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sebelum menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan ketebalan kampas serta minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai saat liburan ya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)