Hyundai Bisa Geser Toyota dan Volskwagen Jadi Raja Otomotif Dunia

Rabu, 21 Desember 2022 - 20:00 WIB
loading...
Hyundai Bisa Geser Toyota dan Volskwagen Jadi Raja Otomotif Dunia
Hyundai Motor Group tidak setengah-setengah ketika mengembangkan mobil listrik. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - Hyundai Motor Group diam-diam sudah membayangi dua raksasa industri otomotif dunia, Toyota dan Volkswagen. Kini grup otomotif asal Korea Selatan itu berada di posisi ketiga produsen automotif terbesar di dunia.

Hingga pertengahan tahun ini saja, Hyundai Motor Group sudah berhasil menjual sebanyak 3.299.000 unit mobil. Angka ini cukup untuk membayangi Toyota di peringkat pertama dengan penjualan sebanyak 5.138.000 unit dan Volkswagen di peringkat kedua dengan total 4.006.000 mobil di seluruh dunia.

Yang menarik, Hyundai Motor Group meraih capaian itu dengan tiga brand saja yakni Hyundai, KIA, dan Genesis. Beda dengan Toyota dan Volkswagen yang memiliki banyak merek-merek mobil lain yang bergabung dalam grup mereka masing-masing.

Kehadiran Hyundai Motor Group di posisi ketiga memang mengejutkan. Apalagi secara tradisional posisi ketiga selalu diisi oleh perusahaan mobil asal Jepang dan Amerika Serikat yakni Nissan dan General Motors. Saat ini semuanya berbeda karena ginseng dari Korea bisa mengalahkan keduanya.

Capaian ini juga jadi catatan khusus karena Hyundai Motor Group justru mulai menjajaki industri automotif di tahun 1980-an. Berbeda dengan lainnya yang sudah memiliki riwayat yang kebanyakan sudah seabad.

“Kami ada di trek yang benar dan tahun ini kami benar-benar ada di posisi yang sangat kuat,” ujar President dan Co Chief Executive Officer Hyundai Motor Group, Jaehoon Chang. “Manajemen rantai pasokan kami adalah kuncinya. Kami berupaya sangat fleksibel serta mengoptimasi perlindungan produksi di tengah krisis semikonduktor yang terjadi saat ini,” sambungnya.

Kiprah Hyundai saat ini memang perlu dicermati oleh lawan-lawannya. Pasalnya produk-produk mereka begitu disukai oleh masyarakat. Saat ini saja penjualan terbesar Hyundai justru bukan ada di Korea Selatan melainkan di Amerika Serikat.



Hyundai Bisa Geser Toyota dan Volskwagen Jadi Raja Otomotif Dunia


Negeri Paman Sam menyumbang 21 persen total penjualan tahun ini. Melampaui perolehan 17 persen yang dihasilkan di Korea Selatan sendiri. Hal itu setidaknya menunjukkan tingginya penerimaan terhadap mobil-mobil buatan Hyundai Motor Group.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)