5 Kereta Api Legendaris di Indonesia, Nomor Terakhir Beroperasi Sejak 1936

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:47 WIB
loading...
5 Kereta Api Legendaris di Indonesia, Nomor Terakhir Beroperasi Sejak 1936
Terdapat sejumlah kereta api legendaris di Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kereta api legendaris di Indonesia yang bisa diketahui. Keberadaan moda transportasi kereta api yang ada di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu, maka tak heran jika Indonesia memiliki beberapa kereta legendaris.

Terhitung sudah ada lima kereta legendaris Indonesia yang sampai sekarang masih bertahan maupun ada juga yang sudah digantikan oleh generasi barunya.

Baca juga : 7 Cara Aman Melewati Perlintasan Kereta Api

Berikut lima kereta api paling legendaris sejak berjalannya moda transportasi kereta di Indonesia.

1. Kereta Argo Parahyangan

Pada tanggal 31 Juli 1971 PT. KAI telah resmi meluncurkan armada barunya kereta Argo Parahyangan dengan melayani dua kelas yakni ekonomi dan bisnis. Kereta ini memiliki rute perjalanan dari Bandung dan Jakarta dengan waktu tempuh mencapai dua jam tiga puluh menit.

Dikutip dari rodasayap weebly.com, Hingga saat ini untuk jalur Bandung - Jakarta sudah terdapat Kereta Argo Gede yang menjadi pesaing dari Kereta Argo Parahyangan karena memiliki tingkat kecepatan lebih dibanding dengan KA Parahyangan. Maka dari itu KA parahyangan memiliki kemungkinan untuk tidak beroperasi lagi sebagai moda transportasi.

2. KA BIMA

Kereta Bima pertama kali beroperasi pada tanggal 1 Juni 1967 dengan rute perjalanan yang dimulai dari Stasiun semarang sampai dengan Yogyakarta dengan mode kereta layanan tidur.

Pada tahun 1984 karena alasan sosial, Kereta Bima dihapuskan untuk melayani kereta tidur. Selain itu juga adanya peralihan rute dari Stasiun Gambir hingga Surabaya Gubeng dengan jarak tempuh mencapai 820 KM yang memakan waktu hingga 11 jam 1 menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)