Hyundai Hentikan Penjualan Mobil Bahan Bakar Minyak di Norwegia

Sabtu, 31 Desember 2022 - 10:59 WIB
loading...
Hyundai Hentikan Penjualan Mobil Bahan Bakar Minyak di Norwegia
Hyundai mulai berhenti menjual mobil apa pun dengan mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) dengan bahan bakar minyak (BBM) ke Norwegia mulai 2023. Foto/electrek
A A A
OSLO - Hyundai mulai berhenti menjual mobil apa pun dengan mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) dengan bahan bakar minyak (BBM) ke Norwegia mulai tahun 2023. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kebijakan Norwegia untuk mengakhiri penjualan kendaraan berbahan bakar gas pada tahun 2025.

Norwegia telah memimpin dalam elektrifikasi kendaraan selama beberapa waktu, jauh di depan negara lain di Eropa. Hampir semua kendaraan di Norwegia saat ini memiliki colokan atau bertenaga listrik, hanya beberapa persen kendaraan khusus masih menggunakan mesin pembakaran internal.

“Sekarang setelah kami meluncurkan all-new IONIQ 6, waktunya telah tiba untuk hanya menjual mobil all-electric di pasar Norwegia. IONIQ 5 dan KONA Electric telah lama mengambil posisi sebagai beberapa mobil paling populer di pasar, dan kami yakin bahwa mobil listrik murni kami akan membawa kesuksesan berkelanjutan di masa depan,” kata Thomas Rosvold, Direktur Pelaksana, Hyundai Motor Norwegia dikutip dari laman Electrek, Sabtu (31/12/2022).



Penurunan kendaraan berbahan bakar minyak di Norwegia begitu drastis, meskipun pada awalnya negara itu tertatih-tatih mewujudkan elektrifikasi kendaraan. Tahun lalu, 64,5% mobil yang dijual di Norwegia semuanya bertenaga listrik, naik 10% dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini angka tersebut naik lebih jauh lagi. Pangsa pasar BEV (Battery Electric Vehicle) harus tepat di atas 80%, dengan pangsa pasar PHEV sekitar 10%, dan kendaraan khusus bensin dan diesel masing-masing 4-5%,” tulis laman electrek.

Khususnya, pangsa pasar PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) telah menurun secara signifikan tahun ini dibandingkan tahun lalu. Sementara mobil non-plug relatif stabil dalam persentase satu digit yang tinggi.



Mobil hibrida plug-in ini mewakili 7% penjualan Hyundai pada tahun 2022. Mobil listrik secara konsisten menyumbang lebih dari 90% penjualan Hyundai di Norwegia dalam beberapa tahun terakhir.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)