Charging Station Lemot Bikin Mobil Listrik Korea Gampang Kalahkan Volkswagen

Minggu, 08 Januari 2023 - 07:30 WIB
loading...
Charging Station Lemot Bikin Mobil Listrik Korea Gampang Kalahkan Volkswagen
Hyundai Ioniq 5 (kiri) saat ini jauh lebih laris dibanding mobil listrik Volkswagen ID.4. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Bloomberg memberikan analisa menarik mengapa penjualan mobil listrik buatan Korea Selatan mengalahkan mobil listrik buatan Volkswagen AG di pasar Amerika Serikat. Saat ini mobil-mobil listrik buatan Korea Selatan seperti Hyundai Ioniq 5 dan KIA EV6 sangat tinggi dibandingkan mobil-mobil listrik buatan Volkswagen AG seperti Volkswagen ID.4, Porsche Taycan, dan Audi e-tron GT.

Contohnya saja tahun lalu sebanyak 17.200 Hyundai Ioniq 5 berhasil terjual di Amerika Serikat. Jauh lebih tinggi dibanding Volkswagen ID.4 yang cuma dikirim ke konsumen sebanyak 5.400 unit.

Perbedaan kontras itu ternyata disebabkan oleh fasilitas charging station buatan Volkswagen AG yang ternyata jauh lebih lemot dibandingkan buatan Hyundai dan KIA.

Pasalnya charging station yang dibuat oleh Volkswagen AG kebanyakan memiliki kekuatan 400 volt. Padahal saat ini beberapa mobil listrik yang dimiliki grup otomotif asal Jerman itu membutuhkan pasokan energi dari charging station dengan kekuatan 800 volt.

Baca juga : WhatsApp Mungkinkan Pengguna Terhubung Aplikasi meski Internet Mati Total

Charging Station Lemot Bikin Mobil Listrik Korea Gampang Kalahkan Volkswagen


Hanya saja Volkswagen AG terpaksa tidak melakukannya karena beberapa mobil listrik yang mereka buat memang adaptif dengan charging station berkekuatan 400 volt. Contohnya adalah Volkwagen ID.4 dan Audi Q4 e-tron.

Ini berbeda dengan Hyundai dan KIA yang memang lebih memilih membangun charging station dengan kekuatan 800 volt. Setiap mobil listrik buatan Hyundai dan KIA sudah sangat siap untuk menerima energi dari charging station berkekuatan 800 volt.

Hal itu membuat waktu mengisi baterai mobil listrik Hyundai dan KIA di charging station justru jauh lebih cepat dibanding mobil listrik buatan Volkswagen AG.

Baca juga : Tesla Model 3 Lengkap dengan Genset Bikin Geger Ukraina
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2764 seconds (11.210#12.26)