Mobil Sport Listrik Jadi Tren Baru, Selamat Tinggal Knalpot Berisik

Kamis, 19 Januari 2023 - 10:41 WIB
loading...
Mobil Sport Listrik Jadi Tren Baru, Selamat Tinggal Knalpot Berisik
Chevrolet Corvette E-Ray menawarkan mode berkendara siluman atau Stealth Mode yang tidak mengeluarkan suara knalpot berisik. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - Mobil sport diprediksi akan menawarkan tren baru. Mobil-mobil itu akan menawarkan sensasi berjalan anggun dengan senyap.

Tawaran itu jadi anomali karena sensasi knalpot yang berisik justru jadi kenikmatan tersendiri buat para penggemar mobil sport. Hanya saja kondisi itu sepertinya mulai bergeser.

Sekarang mulai banyak penggemar mobil sport yang sedikit keberatan ketika mobilnya mengeluarkan bunyi yang mengganggu saat berjalan pelan. Terutama ketika mereka masuk ke dalam komplek perumahan. Dikhawatirkan suara knalpot yang kencang justru jadi gangguan buat warga lainnya.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak pabrikan mobil sport mulai menawarkan sensasi yang berbeda yakni mobil sport yang bisa berjalan anggun dengan senyap. Contohnya adalah mobil sport baru Chevrolet Corvette E-Ray yang telah dirilis pertengahan Januari 2023 ini.



Mobil Sport Listrik Jadi Tren Baru, Selamat Tinggal Knalpot Berisik


Mobil sport kebanggan Amerika Serikat itu hadir dalam bentuk hybrid. Menariknya mobil sport hybrid itu punya mode berkendara yang dinamakan Stealth Mode alias Mode Siluman.

Di mode itu Chevrolet Corvette akan berjalan tanpa suara knalpot hingga kecepatan 75 kilometer per jam. Dalam kondisi itu Chevrolet Corvette E-Ray sepenuhnhya dijalankan dengan baterai yang identik tidak mengeluarkan suara.

"Stealth Mode memungkinkan mobil digerakkan sepenuhnya dengan listrik. Mode itu dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang tenang. Mesin akan aktif secara otomatis jika kecepatan kendaraan melebihi batas," tulis keterangan resmi Chevrolet.



Mobil Sport Listrik Jadi Tren Baru, Selamat Tinggal Knalpot Berisik


Tidak hanya Chevrolet Corvette E-Ray, Lamborghini juga akan menawarkan kelebihan yang sama. Mobil baru mereka yang akan menggantikan Lamborghini Aventador akan diberikan mode senyap.

Bahkan Lamborghini sudah lebih dulu merilis contoh suara yang dihasilkan oleh mobil baru itu. Suara tersebut sangat mirip dengan mobil listrik yang tengah berjalan yakni senyap dan hanya terdengar desingan energi listrik keluar dari baterai.

"Suara ini benar-benar sangat berbeda dengan jeritan mesin V12 khas Lamborghini," tulis Carbuzz.

Perubahan tren ini memang jadi sesuatu yang baru. Memang masih akan ada banyak para petrol head yang akan tidak senang dengan hilangnya suara khas tersebut. Hanya saja dengan semakin tingginya populasi mobil listrik, maka lama kelamaan tren suara knalpot berisik sepertinya akan segera jadi kenangan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)