VW Ciptakan Mesin Baru Lebih Bertenaga

Selasa, 12 Mei 2015 - 11:47 WIB
VW Ciptakan Mesin Baru Lebih Bertenaga
VW Ciptakan Mesin Baru Lebih Bertenaga
A A A
VIENNA - Volkswagen Group (VW) resmi meluncurkan mesin baru TSI 1.0-liter yang mengadopsi monoscroll turbocharger dan e-booster di Vienna Motor Symposium 2015. Mesin kecil tersebut merupakan pengembangan dari blok 1.0-liter, 3-silinder milik keluarga EA211.

Dilansir dari Worldcarfans, Selasa (12/5/2015), meski terbilang kecil, gen mesin ini diadopsi dari jantung yang dipakai VW Polo WRC (World Rally Championship), hasilnya mesin mampu memproduksi tenaga hingga 268 dk dan torsi 270 Nm.

“Mesin ini merupakan salah satu contoh yang bagus dari seberapa banyak potensi mesin pembakaran konvensional yang masih bisa dikembangkan lebih jauh,” ujar Anggota Dewan dan Kepala Pengembangan Powertrain VW Group, Dr Heinz-Jakob Neußer.

Pabrikan mengklaim kekuatan mesin bensin baru mereka setara dengan kemampuan mesin 3.0-liter TDI (diesel). Torsi yang dihasilkan bisa tiga kali lebih banyak dari standar ukuran pabrikan lain saat ini.

VW masih menyembunyikan model-model yang nanti mengusung mesin tersebut. Sebagai perbandingan, mesin Ecoboost 1.0-liter 3-silinder di Ford Fiesta Ecoboost hanya mampu menghasilkan tenaga puncak 120 dk dengan torsi 170 Nm.

Kemampuan ini hasil e-booster yang menggunakan listrik dan bukan gas buang. Teknis yang diusung mirip seperti mesin diesel baru Audi yang diluncurkan di ajang sama. Fokus utama yaitu memaksimalkan peranan bukaan katup dan tekanan masuk bahan bakar.

Capaian tersebut diklaim mampu menghasilkan dorongan yang sangat cepat dari putaran bawah ke putaran lebih tinggi sesuai kebutuhan. Sementara kemampuan turbocharger konvensional ditingkatkan dengan mengganti badan yang lebih besar untuk mendongkrak rpm.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7809 seconds (0.1#10.140)