California Melarang Kendaraan Otonom

Jum'at, 18 Desember 2015 - 12:54 WIB
California Melarang Kendaraan Otonom
California Melarang Kendaraan Otonom
A A A
CALIFORNIA - California telah menjadi pusat kendaraan otonom, namun regulator negara mengusulkan aturan baru yang justru akan melarang kendaraan driverless.

Dikutip dari Leftlanenews, Jumat (18/12/2015), berdasarkan aturan yang diusulkan California, kendaraan otonom diperlukan memiliki lisensi roda kemudi dan pedal untuk untuk mengemudi di jalan negara. Mobil self-driving juga tetap membutuhkan manusia di belakang kemudi dengan sertifikat Operator kendaraan otonom.

Jika aturan ini jadi disahkan, maka akan membunuh harapan mobil driverless yang siap dikomersialkan di negara bagian California. Itu berarti, tidak akan ada robot taksi mengangkut orang di sekitar Golden State dalam waktu dekat.

"Mengingat potensi risiko dengan penyebaran teknologi baru, [yang] DMV percaya bahwa produsen perlu untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam pengujian kendaraan driverless di jalan umum, sebelum teknologi tersedia untuk masyarakat umum," kata DMV California dalam wawacara dengan Automotive News.

Proposal persyaratan juga menjadi standar keselamatan yang akan membutuhkan sertifikasi dari auditor pihak ketiga. Selain itu, setiap operasi produsen kendaraan otonom di negara bagian akan diminta menyerahkan laporan keamanan dan penggunaan secara teratur. Beberapa mobil saat ini memegang lisensi untuk menguji kendaraan otonom meliputi Honda, Mercedes-Benz dan Ford.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0985 seconds (0.1#10.140)