Honda CR-Z Kuasai Pasar Sport Hybrid di Indonesia

Kamis, 10 Maret 2016 - 13:44 WIB
Honda CR-Z Kuasai Pasar Sport Hybrid di Indonesia
Honda CR-Z Kuasai Pasar Sport Hybrid di Indonesia
A A A
JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil menjadi market leader dengan meraih 50% pangsa pasar di segmen sedan sport, melalui Honda CR-Z. Meski hanya mampu menjual sebanyak 687 unit sejak pertama kali diluncurkan, namun HPM menilai penjualan mobil sport hybrid tersebut sangat sukses.

"Penjualan CR-Z di Indonesia sangat sukses. Mobil di segmen sedan sport kan marketnya kecil, jadi tidak bisa dibandingkan dengan model lainnya seperti BR-V. Walau begitu penjualan CR-Z di Indonesia sangat sukses," ujar Marketing and Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, di Jakarta, baru-baru ini, Kamis (10/3/2016).

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, pasalnya dari sisi harga, teknologi, dan bentuknya memang bukan untuk pemakaian biasa. Apalagi setelah mobil hybrid pertamakali diperkenalkan pada 2007 lewat Civic Hybrid, penjualannya tidak pernah sukses. Sementara CR-Z sudah hampir terjual 700 unit dan menjadi market leader. Bahkan untuk segmen sport hybrid, penguasaan CR-Z bisa sampai 100 persen.

Honda CR-Z pertama kali diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta. Mobil ini dikembangkan dengan konsep "More Hybrid Sport" yang bisa memberi kebanggaan pada pemiliknya maupun para diler. Jonfis juga menegaskan, bahwa pembeli CR-Z umumnya merupakan kalangan yang mapan secara keuangan dan aware terhadap teknologi.

"Pembeli biasanya sudah punya uang lebih. Mereka juga mengerti mengenai teknologi dan ingin berbeda dengan yang lainnya. Secara usia, target penjualan CR-Z juga di kisaran 25-35 jadi masih relatif muda dan menyukai tampilan sporty," tutupnya.

Di Indonesia, New Honda CR-Z dibandrol dengan harga Rp 535.000.000 OTR Jakarta untuk pilihan warna solid (smart black). Sementara untuk pilihan warna Two Tone dibanderol Rp 538.000.000.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2010 seconds (0.1#10.140)
pixels