Jerman Usulkan Mobil Otonom Ditanamkan Black Box

Kamis, 21 Juli 2016 - 16:13 WIB
Jerman Usulkan Mobil Otonom Ditanamkan Black Box
Jerman Usulkan Mobil Otonom Ditanamkan Black Box
A A A
BERLIN - Beberap produsen automotif Eropa kini telah gencar untuk menciptakan mobil dengan teknologi otonom. Namun sayangnya belum ada yang benar-benar dapat menjamin keamanan dari mobil yang dapat mengemudi sendiri tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Jerman langsung merancang undang-undang yang mengharuskan produsen membekali mobil otonom mereka dengan black box seperti pada pesawat. Hal ini dilakukan untuk melakukan penyelidikan ketika terjadi kecelakaan. Sehingga black box dapat merekam ketika sistem autopilot aktif, saat pengemudi melaju dan ketika sistem meminta agar sopir mengambil alih kemudi.

Sebelumnya telah terjadi sebuah kecelakaan fatal akibat mobil otonom. Dimana dalam kecelakaan tersebut, diperkirakan teknologi otonom pada Tesal Model S tidak bekerja dengan baik sehingga mengakibatkan tabrakan.

Saat ini Kementerian Transportasi Jerman tengah mengajukan proposal tentang rencana tersebut. Dimna salah satu poinnya menyebutkan pengemudi harus tetap pada posisinya meski teknologi otonom sedang diaktifkan.

Jika peraturan ini disahkan, diperkirakan penggunaan black box mulai dilakukan pada 2020. Jika peraturan disetujui, maka pabrikan mobil asal Jerman seperti tentunya Mercy, BMW dan Volkswagen Group menjadi produsen pertama yang menggunakan black box untuk mobil otonom. Demikian dilansir dari Reuters, Kamis (21/7/2016).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2140 seconds (0.1#10.140)