Toyota Sengaja Kembangkan Mesin Baru untuk Calya

Rabu, 03 Agustus 2016 - 20:23 WIB
Toyota Sengaja Kembangkan Mesin Baru untuk Calya
Toyota Sengaja Kembangkan Mesin Baru untuk Calya
A A A
JAKARTA - Sebelum kemunculan Toyota Calya yang telah diperkenalkan dihadapan media beberapa waktu lalu, banyak yang memprediksikan mesin yang digunakan mobil yang bermain di segmen LCGC ini milik Etios Valco. Kabar ini ditepis setelah Toyota memperkenalkan mobil ini.

Bahkan, Anton Jimmi selaku Executive Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan kalau di mobil kembaran Daihatsu ini tak ada yang menggunakan mesin Etios Valco. "Yang digunakan di mobil ini merupakan mesin yang benar-benar baru, kita tak mencomot dari platfom lain," ujarnya.

Menurut Anton, mesin Etios diproduksi di pabrik yang berbeda. Jadi mesin berbeda, segmen juga berbeda, jadi tidak ada direct relation, ini benar-benar mesin baru. Toyota Calya menggunakan mesin 3NR Dual VVT-i dengan kapasitas 1.200 cc. Mesin ini dikembangkan untuk model ini, dimana untuk Calya hanya terdapat satu pilihan saja.

Sementara untuk kembarannya (Sigra) mempunyai dua pilihan mesin. Yang pertama mesin 1KR-VE VVT-I berkapasitas 1.000 cc yang mengambil dari mesin Ayla. Dan pilihan kedua adalah menggunakan mesin yang sama dengan Calya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7842 seconds (0.1#10.140)