Resmi Bangun Pabrik Baru, Toyota dan Mazda Satu Atap

Kamis, 11 Januari 2018 - 23:03 WIB
Resmi Bangun Pabrik...
Resmi Bangun Pabrik Baru, Toyota dan Mazda Satu Atap
A A A
NEW YORK - Mazda dan Toyota resmi mengumumkan mereka bergabung dan mendirikan pabrik yang berlokasi di Huntsville, Alabama Amerika Serikat. Pabrik tersebut diperkirakan akan menelan biayaUSD1,6 miliar dan akan memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 300.000 unit.

Pabrik ini akan dibuka pada 2021 dan terletak sekitar 14 mil (22 km) dari pabrik Toyota Motor Manufacturing Alabama yang membangun berbagai macam mesin untuk kendaraan seperti Camry, Highlander, dan Tundra. Fasilitas baru ini diharapkan dapat menciptakan 4.000 pekerjaan dan akan menjadi fasilitas manufaktur Toyota ke-11 di Amerika Serikat.

Dalam sebuah pernyataan, CEO Mazda Masamichi Kogai mengatakan "Mazda membuat mobil dengan visi yang jelas tentang bagaimana kita ingin menginspirasi orang, berkontribusi pada masyarakat dan membantu melestarikan keindahan bumi. Kami berharap seiring berjalannya waktu pabrik kami akan menempati tempat khusus di hati karyawan dan masyarakat setempat. " tutur Masamichi Kogai seperti dilansir Carscoops.

Sementara itu, Presiden Toyota Akio Toyoda yang mengatakan "Investasi kami untuk membangun pabrik perakitan kendaraan baru dengan Mazda dibangun berdasarkan kesuksesan kuat yang telah kami nikmati di Alabama di mana kami memproduksi mesin untuk pasar Amerika Utara."

Fasilitas baru ini hanya satu aspek dari kemitraan Toyota dan Mazda, dengan keduanya juga berencana untuk bekerja sama mengembangkan kendaraan listrik.

Toyota mengoperasikan pabrik perakitan akhir di Fremont, California, dengan General Motors sampai pabrik tutup pada tahun 2010 karena GM mengalami kebangkrutan terstruktur. Tanaman itu akhirnya dijual ke Tesla dan saat ini dijalankan oleh perusahaan mobil listrik.

Pembangunan ini nampak akan memberikan satu kemajuan buat presiden AS Donald Trump, yang pernah mengekspresikan kemarahannya kepada produsen kendaraan yang mendirikan fasilitas di negara-negara tetangga. Toyota juga pernah menerima 'teguran' melalui Twiiter Trump ketika berniat untuk mengembangkan Corolla untuk pasar US di Meksiko. Model kompak mereka saat ini dikembangkan di Kanada dan Mississippi, US.

Tidak ada "pajak perbatasan besar" seperti yang diancam oleh Trump, tetapi pabrik US baru ini adalah berdasarkan permintaan terhadap mobil penumpang yang agak 'jatuh' dibandingkan SUV. Penjualan Corolla di US juga hampir jatuh sebesar 9% pada tahun ini.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2435 seconds (0.1#10.140)