GIICOMVEC 2018 Dorong Pertumbuhan Mobil Komersial

Rabu, 07 Maret 2018 - 08:06 WIB
GIICOMVEC 2018 Dorong Pertumbuhan Mobil Komersial
GIICOMVEC 2018 Dorong Pertumbuhan Mobil Komersial
A A A
JAKARTA - Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, menggairahkan industi automotif nasional khususnya di segmen mobil komersial.

Diyakini, permintaan mobil komersial di dalam negeri akan terus meningkat. Ada tiga faktor yang dinilai mendorong bertambahnya permintaan kendaraan komersial. Pertama, infrastruktur yang terus berkembang. Kedua, perbaikan harga komoditas yang memberikan stimulus positif dan pertumbuhan sektor logistik.

Pemerintah juga mendukung penjualan kendaraan komersial melalui penyesuaian regulasi, sehingga berdampak positif bagi industry nasional. "Ada 3.000 potential buyer yang merupakan para pelaku industri yang hadir pada pameran kali ini," tegas Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, kemarin.

Para calon pembeli tersebut berasal dari berbagai industri seperti transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, komoditas migas dan non-migas, termasuk batubara, minyak dan gas serta peternakan, kehutanan, retail, dan grosir. "Selama empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC telah mencatat ada 10.607 pengunjung," imbuh Yohannes.

Menurut Yohannes, industri kendaraan komersial mengalami pertumbuhan yang signifikan sepanjang 2017 lalu. Data Gaikindo pun menunjukan, peningkatan produksi cukup besar ada di segmen double cabin sebesar 46%, truk sebesar 45%, dan pick up 6%. “Meski belum seperti 2013 dan 2014, industri kendaraan komersial meningkat pesat dibandingkan 2016,” kata Yohannes. Gaikindo mencatat, penjualan kendaraan komersial mencapai 253.310 unit pada 2017.

Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsyah menambahkan, GIICOMVEC menjadi ajang yang penting bagi industri kendaraan komersial Indonesia, dengan kehadiran teknologi dan produk terkini dari peserta menjadi daya tariknya. Informasi teknologi dan produk terkini dari sektor kendaraan komersial yang dihadirkan GIICOMVEC dapat menjadi informasi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar, menjadi ajang pertemuan perusahaan industri komersial dan pengunjung potensial.

GIICOMVEC 2018 yang didukung oleh 14 APM kendaraan komersial, 5 perusahaan karoseri, serta industri pendukungnya seperti ban, spare part, dan oli, diklaim menjadi sarana yang tepat untuk meluncurkan produk-produk kendaraan komersial terbaru. Pameran perdana ini juga mendapat dukungan positif dari Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Pemerintah memberikan respons positif terhadap upaya Gaikindo untuk mendorong pertumbuhan penjualan mobil komersial melalui “Dengan adanya GIICOMVEC 2018 akan memberikan peran penting dan kegairahan bagi industri kendaraan komersial di tanah air. Kehadiran GIICOMVEC menunjukkan kemampuan industri kendaraan komersial nasional sudah cukup kuat," tegas Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Dari keseluruhan 14 Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial, enam diantaranya memanfaatkan ajang GIICOMVEC untuk meluncurkan produk baru. Keenam APM tersebut adalah Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Suzuki, Volvo, dan Mitsubishi Fuso.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan truk New Isuzu GIGA sebagai line up baru di kelas Medium Duty Truck. Isuzu GIGA menjadi salah satu penyumbang angka penjualan Isuzu sejak meluncur perdana tahun 2011. “Kami terus mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan consumer truck di Indonesia sekaligus menjawab tantangan untuk program-program pemerintah yang terus berkembang, terutama di bidang infrastruktur dan logistik,” tutur Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia Ernando Demily.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Atsushi Kurita mengungkapkan, produk yang ditawarkan Mitsubishi tahun ini akan menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia dan akan dirakit secara lokal di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur. (Anton C)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9057 seconds (0.1#10.140)