BMW Datangkan i8 Roadster Seharga Hampir Rp4 Miliar

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 10:25 WIB
BMW Datangkan i8 Roadster Seharga Hampir Rp4 Miliar
BMW Datangkan i8 Roadster Seharga Hampir Rp4 Miliar
A A A
TANGERANG - Indonesia masih dianggap sebagai pasar mobil superpremium bagi pabrikan automotif dunia. Meskipun dalam kondisi ekonomi kurang menguntungkan, mereka masih berani memasok mobil mewah nan mahal ke Tanah Air.

Seperti yang dilakukan BMW. Pabrikan Jerman ini, melalui BMW Indonesia mendatangkan Sports Car Masa Depan, BMW i8 Roadster untuk pertama kalinya di pasar mobil nasional pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018). Secara bersamaan tampil sebuah kendaraan konsep inovatif BMW yang hadirkan kemewahan pada model kendaraan Sport Activity Vehicle BMW X, yaitu BMW Concept X7 iPerformance.

Kedua kendaraan ikonik ini akan dipamerkan di BMW Group Pavilion yang dibuka mulai kemarin hingga 12 Agustus 2018 mendatang di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Banten. BMW mengklaim tema utama GIIAS 2018, "Expand Ideas, Beyond Mobility", sangat erat kaitannya dengan unsur pendorong mobilitas masa depan BMW, yaitu ACES: Automated, Connected, Electrified, dan Services.

BMW Datangkan i8 Roadster Seharga Hampir Rp4 Miliar


ACES merupakan elemen utama dari strategi BMW Group NUMBER ONE > NEXT, yang juga berfungsi sebagai road map untuk masa depan. Mengacu pada strategi ini, BMW Indonesia siap menjadi pusat perhatian di GIIAS 2018 dengan hadirkan kendaraan ikonik BMW i8 Roadster.

First-Ever BMW i8 Roadster akan hadir bersama dengan rangkaian kendaraan terbaru dan penawaran menarik BMW lainnya di BMW Group Pavilion yang mencakup area seluas 2.000 meter persegi.

“First-ever BMW i8 Roadster representasikan beberapa elemen inti dari brand BMW, seperti desain ikonik, teknologi visioner, sustainability dan pastinya Sheer Driving Pleasure,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia saat mengenalkan jagoan barunya itu.

“Roadster progresif ini ditujukan untuk penggemar fanatik otomotif terutama sports car dan mereka yang tidak ragu mencoba hal baru. GIIAS 2018 adalah ajang yang sempurna bagi BMW untuk tawarkan kendaraan ikonik ini, bersama dengan 19 model kendaraan terbaru dari BMW,” lanjut Ramesh.

BMW Indonesia juga tampilkan BMW Sports Activity Vehicle paling mewah saat ini, yaitu BMW Concept X7 iPerformance. Dengan hadirnya BMW Concept X7 iPerformance ini, BMW Indonesia tidak hanya luncurkan konsep kendaraan terbaru untuk segmen mewah, tapi juga perkenalkan interpretasi baru akan kemewahan untuk brand BMW.

BMW i –Future of Mobility

BMW i merupakan sebuah konsep pembuatan kendaraan dengan prinsip berkelanjutan pada keseluruhan proses, pendekatan inovatif dan pemahaman baru akan istilah “premium”. Model pertama BMW i yang diperkenalkan di Indonesia pada 2016 adalah BMW i8. Sports car mutakhir ini gabungkan sistem plug-in hybrid dengan kabin penumpang yang terbuat dari Carbon-Fibre-Reinforced Plastic (CFRP) dan rangka aluminium untuk mesin dan motor listrik, baterai dan suspensi.

Hasilnya adalah sebuah sports car yang ringan, elegan dan sangat efisien. Sejak diluncurkan, BMW i8 telah menjadi sports car plug-in hybrid dengan penjualan terbanyak di dunia.

First-ever BMW i8 Roadster gabungkan semua kelebihan dari BMW i8 dengan sensasi kenikmatan berkendara dengan atap terbuka. BMW i8 Roadster berikan sensasi kebebasan yang belum pernah ada yaitu mengendarai roadster tanpa suara bising, dan bebas emisi.

First-Ever BMW i8 Roadster: Desain Ikonik dan Berkarakter

BMW i8 Roadster tingkatkan bahasa desain BMW i ke konsep inovatif dengan sentuhan individual, sporty elegan dan desain emosional. Atap soft-top dari BMW i8 Roadster membuat tampilan kendaraan lebih seimbang, menyatu dengan garis desain khas sports car.

Saat atap dibuka, soft-top BMW i8 Roadster melipat seluruhnya ke ujung belakang kendaraan. Mekanisme unik memungkinkan soft-top terlipat dengan tegak lurus, sehingga menghemat penggunaan ruang dan ciptakan sekitar 100 liter ruang penyimpanan tambahan di belakang kursi.

Atap terbuka dan tertutup secara elektris dengan hanya dalam waktu 15 detik, pada kecepatan kendaraan maksimal 50 km/jam. Saat atap terbuka, jendela belakang naik sekitar 30 mm untuk menghalau angin dan menambah kenyamanan pengguna.

Kendaraan atap terbuka dengan dua-kursi ini dilengkapi pintu frameless gullwing dengan desain terbaru. Pintu terbuat dari CFRP dengan bagian luar terbuat dari aluminium, sementara bingkai kaca depan seluruhnya terbuat dari CFRP.

Penggunaan bahan yang sangat kuat dan teknologi inovatif, memaksimalkan perlindungan bagi penumpang bahkan pada saat kendaraan terguling. CFRP juga digunakan untuk memproduksi side skirts. Bobot bersih kendaraan BMW i8 Roadster hanya 1.595 kg, angka yang sangat rendah untuk kendaraan di segmennya.

BMW i8 Roadster hadir dengan teknologi BMW eDrive terbaru yang berikan pengalaman berkesan dalam penggunaan kendaraan listrik. Baterai lithium-ion terbaru terletak di bagian tengah kendaraan sehingga menambah kedinamisan kendaraan. Kapasitas sel baterai naik dari 20 menjadi 34 Ah dan kapasitas gross energi naik dari 7.1 menjadi 11.6 kWh (net: 9.4 kWh). Artinya motor listrik miliki lebih banyak energi untuk digunakan. Konfigurasi sel baterai tingkatkan 9 kW/12 hp pada output puncak menjadi 105 kW/143 hp, sehingga memungkinkan akselerasi yang dinamis saat menggunakan tenaga listrik murni.

First-ever BMW i8 Roadster dapat digerakkan dengan listrik murni -dari posisi diam hingga kecepatan 105 km/jam, naik dari 70 km/jam dari BMW i8. Mesin pembakaran hanya akan digunakan pada kecepatan tinggi. Dengan menekan tombol eDrive memungkinkan kendaraan berakselerasi hingga 120 km/jam dengan listrik murni, dan jarak tempuh hingga 53 km.

Mesin Rendah Emisi

Mesin BMW i8 Roadster juga alami peningkatan. Mesin bensin 3-silinder BMW TwinPower Turbo mampu hasilkan output maksimum 231 hp dengan kapasitas mesin 1.5 liter dan torsi puncak 320 Nm. Suara mesin BMW i8 Roadster juga terdengar lebih sporty, lengkap dengan filter exhaust yang dipasang untuk mengurangi emisi gas buang.

Kombinasi BMW TwinPower Turbo dan teknologi BMW eDrive, ditambah manajemen energi yang cerdas, mampu hasilkan output maksimal 374 hp. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,6 detik. Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik pada 250 km/jam. Konsumsi bahan bakar gabungan, sebagaimana yang dihitung dalam siklus pengujian Uni Eropa untuk kendaraan plug-in hybrid, adalah 47.6 km/l, ditambah 14.5 kWh energi listrik per 100 km. Sedangkan, emisi CO2 bensin adalah 46 gram/km.

Tenaga motor listrik dari BMW i8 Roadster ditransmisikan ke roda depan, sementara penggerak mesin ditransmisikan ke roda belakang, sehingga hasilkan sistem all-wheel-drive khas kendaraan plug-in hybrid, yang dikendalikan oleh manajemen energi cerdas. Ketika sistem navigasi diaktifkan, manajemen energi cerdas tersebut secara otomatis pastikan penggunaan motor listrik dioptimalkan dari segi efisiensi. Sistem menganalisa rute secara lengkap dan mengatur penggunaan motor listrik, terutama saat kendaraan berjalan dalam kecepatan rendah.

Desain Interior Sporty Elegan

First-ever BMW i8 Roadster hadir dengan trim interior Accaro sebagai standar dan jok kulit dengan pilihan warna Ivory White atau Black. Tampilan sporty semakin bertambah dengan roda kemudi sports dengan balutan kulit, lengkap dengan tombol-tombol multifungsi dan shift paddles.

Fitur lainnya adalah tampilan instrumen multifungsi, Driving Assistant termasuk Surround View, BMW Display Key dan Navigation System Professional. BMW i8 Roadster juga dilengkapi dengan BMW Head-Up Display yang beralih ke tampilan sport yang menambahkan display RPM, Indikator Gear serta Optimum Shift Indicator saat mode SPORT diaktifkan

Pengisian Daya Listrik

BMW i Wallbox Plus tersedia untuk pengisian daya di rumah sebagai bagian dari konsep BMW 360° ELECTRIC. Stasiun pengisian listrik ini tawarkan pelanggan cara yang efisien dan nyaman untuk mengisi ulang baterai saat kendaraan diparkir. Termasuk dalam paket penjualan adalah BMW i Wallbox Plus dengan pemasangannya dan 2 kabel pengisian sebagai standar.

Kabel ini memungkinkan baterai diisi ulang dari stop kontak domestik konvensional dalam waktu kurang dari empat setengah jam, dan dari BMW i Wallbox Plus pada tingkat 7.2 kW dalam waktu kurang dari tiga jam - dengan kemungkinan untuk ditingkatkan hingga 22 kW (32A) dengan instalasi listrik fase tiga untuk pengisian ulang yang lebih cepat.

BMW Concept X7 iPerformance
BMW Datangkan i8 Roadster Seharga Hampir Rp4 Miliar


Kendaraan konsep terbaru BMW X ini memberikan gambaran untuk konsep kendaraan masa depan yang siap diluncurkan secara global yaitu BMW X7. Kendaraan mewah ini merupakan terobosan besar dalam sejarah BMW dan belum pernah ada sebelumnya. Sesuai dengan strategi NUMBER ONE > NEXT, BMW Group terus perkuat posisinya terutama di segmen kendaraan mewah. BMW Concept X7 iPerformance kombinasikan secara sempurna antara kemewahan dan kabin lapang untuk enam penumpang.

Kendaraan BMW X paling mewah ini hadir dengan bahan berkualitas tinggi, dan sistem infotainment mutakhir. “Sejak BMW ciptakan segmen Sports Activity Vehicle dengan peluncuran BMW X5 generasi pertama pada tahun 1999, setiap kendaraan BMW X berikutnya selalu menjadi pelopor di segmennya. BMW X7 lanjutkan tradisi ini: BMW X paling mewah ini perluas penawaran BMW di kelas kendaraan mewah,” tutup Ramesh.

Harga First-Ever BMW i8 Roadster

First-Ever BMW i8 Roadster ditawarkan dengan harga Rp3.969.000.000 off-the-road dan akan tersedia di semua Diler Resmi BMW i mulai bulan Agustus 2018. Termasuk dalam paket pembelian yaitu BMW i Wallbox Plus dengan pemasangannya, dan 2 kabel pengisian, Program BMW i Pure Impulse Experience, garansi 3 tahun tanpa batasan jarak tempuh, dan garansi baterai selama 8 tahun atau 100.000 km, mana yang lebih dulu.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6172 seconds (0.1#10.140)