Bentuk Asli Muncul, Kabar Norton Bikin Motor Sports Tak Terbantahkan

Sabtu, 09 Maret 2019 - 17:28 WIB
Bentuk Asli Muncul, Kabar Norton Bikin Motor Sports Tak Terbantahkan
Bentuk Asli Muncul, Kabar Norton Bikin Motor Sports Tak Terbantahkan
A A A
LONDON - Pabrikan motor legendaris asal Inggris, Norton menkonfirmasi bahwan di tahun ini Superbike suoer cepat hampir rampung. Motor bertenaga 1200cc dengan silinder V4 bahkan dari desain dipastikan dalam tahap akhir pembangunan.

Norton belum nentuin nama yang tepat untuk motor ini. Pengembangan mesinnya sendiri diambil dari motor balap. Menurut Simon Skinner selaku Norton's Head of Design, motor Norton ini bakal menggunakan body hampir sepenuhnya carbon. Desainnya sendiri bakal mengacu pada mobil-mobil supercar yang desainnya klasik modern, seperti McLaren P1 dan Aston Martin 177.

Norton sepertinya ingin memberikan hal baru dan berbeda dibandingkan dengan para pemain superbike di kelas 1.000 cc. Pabrikan motor Inggris pun membocorkan sketsa awal sebuah superbike dengan tenaga mencapai 200 dk. Modalnya, mesin berkonfigurasi V4 dengan kapasitas 1.200 cc.

Seperti dikutip dari MCN, Motor ini memiliki aura balap dan akan jadi pesaing kuat Ducati 1299 Panigale. Mesin V4 performa tinggi sangat terinspirasi dari mobil Inggris Aston Martin dan industri mobil F1 yang juga berbasis di Inggris. Sedangkan rancang bangun mesinnya akan dikerjakan dengan bantuan Ricardo Engineering dengan mengambil berbagai pengalaman dari motor balap TT.

"Inggris ternyata punya desain dan proyek teknik fantastis saat ini. McLaren P1, Aston 177 dan pastinya semua mobil F1 yang punya teknologi paling mutakhir. Jadi kalau mau berpikir Ducati, Ferrari, pikirkan Norton, Aston Martin," ujar Simon.

Menurut Informasi yang dikatakan oleh Skinner perusahaan berencana membidik kelas superbike yang juga akan digunakan sebagai motor balap pada satu ajang balap. Menariknya deretan superbike kelas atas yang memiliki teknologi canggih saat ini seperti Ducati Panigale 1299, Kawasaki Ninja H2 dan Kawasaki Ninja ZX-10R, Honda CBR1000RR, serta BMW S1000RR di incar untuk menjadi pesaing dari produk superbike terbaru yang akan dikeluarkan oleh Norton Motorcycles.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7615 seconds (0.1#10.140)