Seoul Sediakan Rp1 T Bikin Tempat Parkir Wanita

Rabu, 28 Mei 2014 - 19:59 WIB
Seoul Sediakan Rp1 T Bikin Tempat Parkir Wanita
Seoul Sediakan Rp1 T Bikin Tempat Parkir Wanita
A A A
SEOUL - Pemerintah kota Seoul membuat terobosan untuk membuat kota tersebut lebih ramah perempuan. Salah satunya dengan menciptakan tempat parkir khusus untuk meningkatkan keselamatan, dan bukan sebagai pernyataan dari ketidakmampuan parkir kaum hawa.

Dilansir dari Autoexpress, Rabu (28/5/2014) tempat parkir khusus tersebut diberi nama 'she spot'. Ruang parkir mobil lebih panjang dan lebih lebar dari ruang lain di kota Seoul.

Agar mudah dikenali, garis tepi dicat warna pink. Nomor parkir dan tanda khusus perempuan yang memakai rok juga diberi warna merah muda.

Ruang parkir berada ditempat yang lebih baik dan mempunya penerangan ekstra untuk membantu meningkatkan keamanan. Selain itu dekat dengan infrastruktur belanja, seperti lift dan eskalator.

Ruang parkir khusus perempuan hanya salah satu bagian dari program yang menelan dana 55 juta poundsterling atau sekitar Rp1 triliun untuk membuat kota lebih ramah perempuan.

Termasuk trotoar dengan bahan yang agak kenyal yang memudahkan perempuan untuk berjalan jika memakai hak tinggi.

Dalam percakapan dengan koran Korea Times, Asisten Walikota untuk Perempuan dan Urusan Keluarga, Cho Eun-hee menyatakan, "ini seperti menambahkan sentuhan wanita untuk desain universal dan membuat sesuatu yang lebih nyaman bagi perempuan."

Namun, Korea bukanlah negara pertama yang memiliki tempat parkir khusus wanita. China, Kuwait, Malaysia, Indonesia, Austria dan Italia juga menyediakan tempat-tempat khusus untuk perempuan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2706 seconds (0.1#10.140)
pixels