Muammar Gaddafi Pernah Rancang Mobil Teraman di Dunia

Selasa, 03 Juni 2014 - 17:34 WIB
Muammar Gaddafi Pernah Rancang Mobil Teraman di Dunia
Muammar Gaddafi Pernah Rancang Mobil Teraman di Dunia
A A A
TRIPOLI - Mungkin ini bukan berita baru, tapi semua orang masih belum banyak tahu tentang mobil ciptaan Muammar Gaddafi. Ya, sang diktator mantan pemimpin Libya yang terkenal dengan tangan besinya itu ternyata sempat merancang mobil sedan. Bahkan mendiang Gaddafi mengklaim mobil ini paling aman di dunia.

Mobil yang diberi nama Saroukh el - Jamahiriya (Roket Libya) pertama kali dimunculkan pada 1999 dan kembali diperkenalkan 2009 sebelum kematian Muammar Gaddafi.

R1R2

Wajah mobil sedan nampak seperti roket pada bagian depan begitu pula pada buritan membentuk sudut lengkung. Dalam kabin bisa menampung hingga 5 orang. Pada dapur pacu disematkan mesin V6 yang bisa menghembuskan tenaga 230hp, di lansir dari Autoblog, Selasa (3/6/2014).

Yang menjadi tanda tanya mengapa Libya membangun sebuah mobil ? Alasannya saat itu (era pemerintahan Gaddafi) tingginya jumlah orang tewas dan terluka setiap tahun di jalan-jalan Libya. Ini yang membuat Gaddafi merancang sebuah mobil sedan. Bahkan sempat direncanakan mobil ini akan di produksi massal dengan dibangunnya pabrik di Tripoli ibukota Libya.

r3r4

Bagian terpenting rancangan mobil ini Gaddafi mengutamakan faktor keselamatan dalam mobil berpenampilan agresif tersebut. Libyan Rocket dibekali dengan airbag sebagai keamanan standar dan electronic defense system. Dengan desain bagian depan yang menyerupai roket dibenamkan colapsible bumper untuk mengurangi 'impact' saat tabrakan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6797 seconds (0.1#10.140)