Rumah desain Pembuat Lambo Miura dan Countach Bangkrut

Kamis, 31 Juli 2014 - 19:19 WIB
Rumah desain Pembuat Lambo Miura dan Countach Bangkrut
Rumah desain Pembuat Lambo Miura dan Countach Bangkrut
A A A
ROMA - Tidak ada yang pasti didalam bisnis automotif. Termasuk rumah desain ternama Stile Bertone, yang menyatakan bangkrut. Padahal rumah desain ini merupakan tempat sakral dimana sketsa-sketsa mobil terbaik pernah diciptakan dan mengubah beberapa mobil paling dicari di dunia.

Melansir laman Leftlanenews, Kamis (31/7/2014) Stile Bertone didirikan pada 1912 oleh desainer Giovanni Bertone, di Italia. Perusahaan ini telah mendesain mobil yang dipasarkan ke seluruh dunia dengan semua merek, termasuk Aston Martin, BMW, Mazda, Jaguar dan Volvo.

Sedangkan untuk merek sesama Italia, klien mereka ialah Ferrari, Alfa Romeo, Lamborghini dan Maserati. Beberapa karya yang paling terkenal termasuk Lamborghini Miura dan Countach, Lancia Stratos, Ferrari 308, BMW 3200CS dan Aston Martin Rapide.

Pada Maret 2014, Stile Bertone memasuki proses kebangkrutan dan mengumumkan sedang mencari investor. Kemungkinan perusahaan telah mencari produsen mobil besar untuk menyelamatkan aset mereka. Seperti yang dilakukan Volkswagen AG dengan Italdesign pada 2010. Namun hingga masa tenggang, tidak ada investor yang datang sebagai penyelamat, dan perusahaan secara resmi gulung tikar.

Michael Robinson, Direktur dDesain Bertone terakhr, tidak ingin membicarakan tentang perusahaan. "Setelah membalik halaman, saya tidak mampu untuk terseret ke lembah air mata," katanya dalam pesan tekmenanggapi permintaan untuk komentar. "Para pelaku yang sebenarnya harus digantung di pohon," tambahnya.

Keluarga Bertone masih memiliki hak atas nama Bertone. Disebutkan, keluarga sudah merencanakan sebuah perusahaan desain baru di Milan dengan nama Bertone Design. Meski belum berdiri resmi namun sekitar 12 klien lama mereka telah menetapkan akan bergabung. Sementara nasib karyawan Stile Bertone yang bangkrut belum pasti.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2633 seconds (0.1#10.140)