Teknologi Baru LED Toyota Lahir Tahun Depan

Jum'at, 28 November 2014 - 07:52 WIB
Teknologi Baru LED Toyota...
Teknologi Baru LED Toyota Lahir Tahun Depan
A A A
TOKYO - Toyota tampaknya tidak mau tanggung-tanggung berinovasi dengan teknologi teranyar, perusahaan berbasis di Jepang ini mengenalkan teknologi lampu LED yang akan dimulai tahun depan.

Teknologi baru lampu LED ini dipercaya menawarkan pencahayaan lebih baik dari teknologi yang saat ini beredar. Toyota menjulukinya LED Array Adaptive High Beam System (LED Array AHS).

Keunggulan lampu LED Array AHS terletak pada cara kerja penyinaran. Lampu ini bekerja sama dengan kamera, yang secara otomatis meredup atau menambahkan cahaya di daerah gelap.

Dikutip dari laman resmi Toyota, Kamis (27/11/2014), teknologi ini berfungsi ketika mobil berpapasan dengan mobil lain. Biasanya, sehabis melewati mobil dari arah berlawanan jalan di depan spersekian detik menjadi gelap.

Hal tersebut sering menjadi penyebab tabrakan, kecelakaan frontal antara mobil dengan obyek lain. Terutama penyebarang jalan. Di sini keunggulan LED Array AHS, lampu akan langsung bereaksi untuk menambah daya penyinaran.

Selain itu, teknologi baru ini dikontrol secara independen dan horizontal. Memberikan jangkauan yang lebih luas dari pencahayaan LED sebelumnya, tanpa menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

Kendati sangat potensial, teknologi seperti ini bukan yang pertama. Audi contohnya, meski tidak persis namun menyematkan teknologi serupa di sedan A8 yang pernah mejeng di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 September lalu.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)