Toyota Masih Pegang Kendali Penjualan Mobil Nasional

Rabu, 04 Februari 2015 - 07:50 WIB
Toyota Masih Pegang Kendali Penjualan Mobil Nasional
Toyota Masih Pegang Kendali Penjualan Mobil Nasional
A A A
JAKARTA - Sepanjang 2014, Toyota masih memegang kendali penjualan mobil nasional. Torehan tersebut dicapai mulai dari kendaraan baru maupun bekas. Penjualan mobil baru Toyota pada 2014 menguasai market share sebesar 33%.

Tidak terlalu berbeda dengan penjualan mobil baru, menurut data dari situs jual-beli automotif Mobil123, raksasa Jepang ini mendominasi penjualan mobil bekas secara online dengan torehan 30,2%.

Setelah Toyota, posisi kedua penjualan mobil bekas secara online dipegang Honda dengan torehan 15,1%. Posisi ketiga ditempati Suzuki dengan 13,6%, dan posisi keempat Daihatsu yang menguasai 11,6%.

Hal ini berbeda dengan di dunia nyata, dimana menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) penjualan mobil baru Daihatsu justru menempati posisi kedua, Honda ketiga dan Suzuki di urutan keempat.

"Memang kalau dilihat dari data penjualan mobil baru, Daihatsu di posisi kedua. Bisa seperti itu karena menurut saya pasar Honda ada di kota besar, dan saat ini situs kami intens di tiga titik, Jabodetabek, Bandung dan Surabaya," ujar Manager Listing Mobil123 Rangga Prastiko di Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Sementara untuk Suzuki yang dalam penjualan mobil baru berada di posisi keempat, naik ke posisi tiga dalam penjualan mobil bekas online. "Ini menarik, karena justru yang paling laku ialah Carry. Mobil yang notabene sudah tidak diproduksi," imbuhnya.

Merek lain yang turut melengkapi penjualan mobil bekas di situs Mobil123, yakni Nissan di posisi lima dengan 9,1%, Mitsubishi posisi enam dengan 8,3%, Ford posisi tujuh dengan 2,0%, KIA posisi delapan dengan 1,7% dan Mazda serta Isuzu dengan torehan 1,5% dan 1,4%.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7689 seconds (0.1#10.140)