Toyota Beri Saran yang Bisa Dongkrak Penjualan Mobil di Indonesia

Selasa, 30 Juli 2024 - 10:30 WIB
loading...
Toyota Beri Saran yang...
Pameran GIIAS 2024. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Industri otomotif Indonesia saat ini sedang lesu yang diakibatkan oleh sejumlah faktor. Seluruh pihak diminta bersatu agar bisa meningkatkan kembali penjualan mobil yang alami penurunan besar dalam semester pertama tahun ini.

PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan saran untuk memberlakukan pembebasan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Disebutkan bahwa itu bisa menjadi penyelamat penjualan mobil di Indonesia, seperti saat di masa pandemi Covid-19.

Anton Jimmi Suwandi selaku Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan pameran seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 sedikitnya mampu mendorong penjualan mobil di Indonesia. Tapi, dorongan tambahan dari pemerintah berupa pembebasan PPnBM dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Jadi saya rasa baik juga ya, kita juga melalui GIIAS ini mengimbau pemerintah melihat dari market yang mengalami penurunan tajam. Meski pameran seperti GIIAS ini positif, tapi pastinya untuk mengejar market 1 juta masih cukup jauh ya," kata Anton di arena ICE BSD, Tangerang, belum lama ini.

"Jadi harapan kita sebenarnya market butuh di-support juga, karena market domestik penting untuk industri otomotif nasional, karena banyak pekerja yang perlu dukungan pemerintah," lanjutnya.

Sebagai produsen, Toyota juga telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Bahkan, produsen asal Jepang itu juga telah menahan kenaikan harga mobil yang mereka jual sebelum Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan saran.

Toyota juga telah memberikan paket kredit murah, memperkuat aktivitas dealer, dan meluncurkan produk-produk baru. Namun, Anton menegaskan, langkah tersebut tetap harus dibarengi dengan insentif khusus.

"Tapi itu ada batasnya juga ya. Kalau kita mau naikkan market dari semester satu ke semester dua, tapi untuk mengisi gap di semester satu itu kan masih sangat besar kalau bicara 1 juta unit. Jadi butuh dorongan atau support lebih lanjut," ujarnya.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto juga merasa pembebasan PPnBM akan meringankan beban masyarakat dalam memboyong kendaraan. Sebab, harga mobil akan terpangkas puluhan juta rupiah karena tidak ada pajak yang perlu mereka tanggung.

"Kita minta kepada pemerintah agar ada insentif sementara seperti saat Covid-19 lalu. Yaitu, pengurangan atau penghapusan PPnBM bagi mobil yang diproduksi di dalam negeri dengan TKDN tinggi seperti 60 persen ke atas. Supaya harga terjangkau," ucap Jongkie.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)