Kerja Sama Proton-Indonesia Strategi Malaysia Kuasai ASEAN

Senin, 09 Februari 2015 - 16:09 WIB
Kerja Sama Proton-Indonesia Strategi Malaysia Kuasai ASEAN
Kerja Sama Proton-Indonesia Strategi Malaysia Kuasai ASEAN
A A A
JAKARTA - Kerja sama yang dilakukan industri automotif Malaysia, Proton Holding Berhad dengan PT Adiperkasa Citra Lestari mengembangkan mobil nasional (mobnas) di Indonesia dinilai sebagai strategi Negeri Jiran menguasai pasar ASEAN. Terlebih, akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015.

"Pasti ada indikasi seperti itu (kuasai pasar ASEAN), semua negara juga ingin menguasai (pasar automotif). Jadi memang itu sah saja. Semua negara ingin memperbesar ekspor," ujar Pengamat Transportasi Universitas Indonesia, Ellen Tangkudung ketika dihubungi Sindonews, Senin (9/2/2015).

Dia menyebutkan, pemerintah Indonesia seharusnya mendukung poduksi mobil umum nasional, bukan mobil pribadi. Sebab, pasar mobil pribadi sudah jalan tanpa dikembangkannya mobil nasional.

"Kalau angkutan umum kan tanggung jawab negara. Mobil pribadi tidak dikembangkan pun banyak yang mengembangkan. Kalau yang melalui intervensi pemerintah, ya harusnya angkutan umum," jelasnya.

Menurut Ellen, jika pemerintah keukeuh mengembangkan mobnas Indonesia, tinggal produksi mobil yang telah laku di pasaran. "Jadi produksi itu tidak memakan uang negara untuk bisa supaya laku," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1762 seconds (0.1#10.140)