Daihatsu Bangun Outlet Baru Perkuat Pasar

Selasa, 17 Februari 2015 - 19:23 WIB
Daihatsu Bangun Outlet Baru Perkuat Pasar
Daihatsu Bangun Outlet Baru Perkuat Pasar
A A A
MAKASSAR - Tahun ini sejumlah pengamat memprediksi jika pasar otomotif di Indonesia akan stagnan, dengan tingkat volume penjualan dipastikan sama dari tahun sebelumnya. Hal itu dipengaruhi kondisi perekonomian Indonesia yang meski tumbuh, tapi tidak memberikan kepastian bagi usaha.

Meski stagnan, sejumlah produsen otomotif maupun main dealer tetap optimistis memasang target penjualan yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Optimistis juga dilontarkan manajemen PT Astra International- Daihatsu Sales Operation wilayah KTI, yang tahun ini menargetkan peningkatan penjualan.

Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur Al DSO, Kroda Kalantara menjelaskan, tahun ini penjualan Daihatsu untuk semua tipe ditargetkan dapat terjual 6800 unit, atau meningkat dari penjualan tahun lalu dikisaran 6200 unit dengan kenaikan 10%.

Kroda Lantara mengatakan, jika melihat data hasil penjualan di Samsat penjualan mobil mencapai 1,2 juta untuk semua tipe dan merek di tahun lalu, dari penjualan itu posisi Daihatsu berada di urutan kedua setelah Toyota. Atas keberhasilan ini, tentunya terus dilakukan peningkatan tidak saja dari segi penjualan tapi juga faktor lainnya, seperti penyediaan service hingga spare part.

"Tahun ini target kita tidak muluk-muluk ingin mempertahankan posisi yang ada, kalaupun ada perubahan lebih baik tentunya itu sangat disyukuri. Apalagi, persaingan otomotif begitu keras dan membutuhkan perjuangan berat meraih target tiap tahunnya," katanya disela-sela peluncuran All New Sirion di Boncafe, Makassar (16/2).

Kroda menuturkan, demi mencapai target tersebut, perusahaan terus meningkatkan strategi, yakni, memperkuat jaringan penjualan, demi mendekatkan layanan ke konsumen.

Dikatakan Kroda, dari capaian penjualan di area KTI, Sulsel memberikan sumbangan market share cukup besar dan kontribusi terbesar diperoleh dari penjualan kendaraan di Makassar dikisaran 60%. Menyusul, kabupaten Gowa sekitar 10%, kabupaten Maros 4% dan kota lainnya dikisara 4% sampai 6%.

"Berdasarkan data Samsat, setiap bulannya orang membeli mobil di Makassar mencapai 2.684 orang, dari jumlah ini Daihatsu akan mengerus market dikisaran 59%. Pencapaian ini diharapkan bisa tercapai, apalagi di tahun lalu penjualan Daihatsu di Sulsel tumbuh dikisaran 101,07%," katanya.

Kroda memaparkan, kontribusi penjualan terbesar diperoleh dari mobil pick up mencapai 2.600 unit atau sekitar 14,62% dari semua tipe mobil Daihatsu yang ditawarakan, meski sempat mengalami penurunan sedikit karena faktor cuaca yakni, banjir.

Sementara itu, Marketing & CR Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation (Al-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, memperkuat pasar akan dibangun sebanyak empat outlet baru, dimana satu outletnya ditempatkan di wilayah KTI tepatnya di Ambon untuk kepentingan bisnis penjualan saja.

"Kami menginvestasikan Rp10 miliar untuk pembangunan outlet di Ambon dengan fungsi sales atau 1 S, sisanya di pulau Jawa dengan membangun outlet 3S (sales, services, spare part) dengan investasi satu outletnya Rp20 miliar hingga Rp25 miliar,"terangnya.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra menambahkan, hadirnya outlet baru diharapkan dapat mendongkrak target penjualan nasional sebanyak 185.000 unit mobil, apalagi baru saja diluncurkan All New Sirion dan ke depannya pada April diluncurkan pula New Terios.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8296 seconds (0.1#10.140)