Sudah Dua Generasi, Harga Jual Kembali Mitsubishi Xpander Masih Stabil

Selasa, 31 Januari 2023 - 13:36 WIB
Pengalaman yang sama juga dirasakan oleh Budi Dermawan Daulay, Head of Regional Sales Group Sales & Marketing Division PT MMKSI . Dia mengaku pernah dikontak oleh temannya mengenai fenomena harga bekas Mitsubishi Xpander tahun 2017. "Ada teman yang nanya, beli pas launching Rp245 juta tahun 2017, sekarang dijual second Rp200 juta setelah 5 tahun atau turun 18 persen. Bagus enggak tanyanya, ya bagus banget lah. Uangnya sekarang dipakai buat upgrade ke Xpander Ultimate 2022," terang Budi Dermawan Daulay.

Sementara itu di sentra mobil bekas Mega Glodok Kemayoran (MGK), Mitsubishi Xpander lawas masih termasuk salah satu model yang paling banyak dicari di samping Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan juga Suzuki Ertiga. Diungkapkan Melani, salah satu pedagang di sentra mobil bekas MKG, walaupun tergolong model baru, Mitsubishi Xpander cepat mendapat kepercayaan dari konsumen mobil bekas karena memiliki model yang berbeda dengan Low MPV lain.





Memang ada beberapa peningkatan yang terlalu besar jika dibandingkan dengan yang baru. Hanya saja jika dihadapkan dengan mobil lain di segmen yang sama, Mitsubishi Xpander lama masih tetap paling menarik.

“Sekali unit mobil bekasnya ada di showroom, biasanya tidak lama langsung dicari dan dibeli konsumen. Untuk depresiasi harganya, sekitar 15% sampai 20% dari harga mobil baru. Tapi ini juga tergantung dari kondisi mobilnya. Jadi memang harus betul-betul dirawat agar harga jualnya tetap menarik,” kata Melani.

Hal yang sama bahkan terjadi di mobil generasi kedua Mitsubishi Xpander. Saat ini mobil tersebut sudah ada yangdipasarkan dalam keadaan bekas. Misalnya Mitsubishi Xpander GLS 2022 AT yang ada di situs listing otomotif, OLX Autos yang dijual di harga Rp235 juta. Saat ini MMKSI menjual mobil yang sama dalam kondisi baru di harga Rp266 juta. Artinya depresiasi harga yang terjadi di model baru pun masih sangat rendah.

Setidaknya tidak hanya pada model lama, model baru Mitsubishi Xpander juga sangat berpotensi memiliki harga jual kembali yang tinggi. Sebelumnya riset internal MMKSI sendiri menyebutkan harga Xpander bekas perakitan 2018 dan 2017 turun masing-masing 17,1-20,3%, sedangkan 2019 sebesar 14,8%, lebih rendah dibandingkan kompetitor di segmen yang sama dengan umur satu tahun.
(wsb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More