Asap Knalpot Motor Ngebul, Komponen Ini yang Kena!

Senin, 06 Februari 2023 - 10:48 WIB
Asap knalpot motor ngebul harus diwaspadai karena dampaknya bisa merusak kendaraan. Foto: Adira Finance
JAKARTA - Knalpot motor yang berasap tentu tidak nyaman bagi sesama pengguna jalan. Sebab, dapat mengganggu pernapasan. Selain itu, jika dibiarkan dampaknya bisa merusak mesin. Karena itu, segera cek beberapa komponen yang diduga menjadi penyebabnya.

Knalpot motor 4 tak seharusnya memang tidak mengeluarkan asap. Jadi bisa dipastikan ada masalah yang terjadi di dalam mesin jika motor berasap . Berikut komponen yang perlu diperiksa menurut Wahana Honda:

1. Ring Piston Aus

Komponen ini memiliki peran penting mencegah oli mesin masuk dalam ruang pembakaran. Apabila ring piston sudah aus, maka oli bisa merembes dan membuatnya ikut terbakar sehingga menyebabkan asap putih keluar dari knalpot.

Jika dibiarkan, oli mesin akan cepat habis, sehingga mesin akan terasa kasar dan kehilangan tenaga. Untuk mengatasinya, lebih baik segera mengganti ring piston untuk membuat mesin motor kembali normal.



2. Ruang Pembakaran Bermasalah

Motor bisa bergerak karena ada proses pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan. Seiring berjalannya waktu, kondisi ruang pembakaran akan berkerak dan rapuh yang akan membuatnya ikut terbakar sehingga mengeluarkan asap putih.

Penumpukan kerak disebabkan kurangnya perawatan dan tidak tepat dalam memilih bahan bakar untuk kendaraan. Bahan bakar yang tidak tepat membuat proses pembakaran tidak sempurna, ini membuat sisa-sisa pembakaran membentuk kerak pada mesin.

3. Seal Katup Bocor
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More